Panwascam Tomini Deklarasikan 2 Desa Anti Politik Uang, Isu Sara’ dan Perangi Hoax

0
352
Pembacaan sekaligus Penandatanganan MoU antara Pemdes Ogotumubu dan Panwascam Tomini perihal Menolak Politik Uang, Isu Sara dan Perangi Hoax (Foto : Ost)

Parimo – matarakyatindo.com Gerakan anti politik uang secara masif terus digalakan Bawaslu Kabupaten Parigi Moutong melalui Panwascam Tomini menjelang Pilgub Sulawesi Tengah 2020.

Salah satu upayanya, Panwascam Tomini adalah membentuk Desa Anti Politik Uang. Panwascam Tomini telah melakukan sosialisasi pembentukan desa ini sejak hari Selasa (14/01/2020), sesuai dengan surat instruksi dari Bawaslu Parigi Moutong untuk seluruh desa.

Hasilnya Desa Ogotumubu dan Ogotumubu Barat Kecamatan Tomini menjadi yang pertama dalam mendeklarasikan diri menjadi desa yang menolak politik uang, isu sara dan perangi hoax.

Surat Edaran Bawaslu Kabupaten Parigi Moutong (Foto : Ist)

Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan Deklarasi Desa Anti Politik Uang, Isu Sara’ dan Perangi Hoax yang dilaksanakan hari Senin (20/01/2020), di Kantor Desa Ogotumubu dan Kantor Desa Ogotumubu Barat dan di akhiri dengan penandatanganan MOU (Memorandum Of Understanding) adalah sebuah dokumen legal yang menjelaskan persetujuan antara dua belah pihak.

Ini sebagai wujud dari partisipasi pemerintah desa dan masyarakat dalam mengawal jalannya Pilgub Sulawesi Tengah 2020.

Pemdes Ogotumubu Barat bersama Panwascam Tomini mendeklarasikan diri untuk menolak politik uang, isu sara dan perangi hoax (Foto : Ist)

Ketua Panwascam Tomini Mizwar, SP, menyampaikan, deklarasi Desa Pengawasan Pemilu ini merupakan titik awal peran masyarakat terhadap pengawasan partisipatif masyarakat dan juga penolakan praktik politik uang.

Ia menyampaikan apresiasi terhadap masyarakat Desa Ogotumubu dan Ogotumubu Barat yang menjadi pionir terbentuknya Desa Pengawasan Pemilu di Kecamatan Tomini.

“Deklarasi 2 Desa Pengawasan Pemilu ini mudah-mudahan menjadi pionir bagi desa-desa lain yang ada di Kecamatan Tomini untuk turut andil dalam mengawal hak pilihnya dalam pesta demokrasi yang akan datang. Kami harap masyarakat juga berani tolak politik uang demi terwujudnya pemilu yang bermartabat dan berintegritas” tegas Mizwar.

Penandatanganan MoU antara pemerintah Desa Ogotumubu Barat dan Panwascam Tomini (Foto : Ist)

Sementara itu, Ruyan, SE selaku divisi PHL (Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga), Didampingi Anggota Panwascam Fudal selaku divisi HPPS (Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa) juga mengapresiasi semangat Pemerintah Desa Ogotumubu dan Ogotumubu Barat Kecamatan Tomini untuk datang bersama-sama mendeklarasikan Desa Pengawasan Pemilu.

“Mudah-mudahan deklarasi ini tidak hanya sekedar seremonial saja. Tetapi bisa diwujudkan dalam masa kampanye, masa tenang hingga hari pemungutan suara dalam Pilgub Sulawesi Tengah 2020. Sehingga nantinya mudah-mudahan di Kecamatan Tomini sendiri tidak ada politik uang dalam Pilkada 2020,” harapnya.

Reporter : Yunus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here