Parimo – Bitung Jajaki Kerja Sama di Bidang Armada Tol Laut

0
228

Parimo –  matarakyatindo.com Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong saat ini tengah merintis peluang kerjasama regional di bidang armada tol laut dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung.

Untuk menjejaki peluang kerjasama itu, delegasi ekonomi yang dipimpin langsung Wakil Bupati Parigi Moutong, H Badrun Nggai SE berkunjung ke Kota Bitung, Rabu (27/2).

Delegasi ekonomi Kabupaten Parigi Moutong ini diterima secara resmi Wakil Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM di Balai Kota Bitung.

Wakil Bupati Parigi Moutong, H Badrun Nggai SE mengatakan, potensi bisnis melalui fasilitas armada tol laut sangat menjanjikan. Selain dapat meningkatkan pendapatan asli daerah juga dapat meningkatan kesejahteraan petani dan nelayan di Kabupaten Parigi Moutong. Beberapa potensi unggulan daerah yang bisa didistribusi menggunakan armada tol laut, diantaranya beras, jagung, kopra, perikanan dan lain-lain.

“Semua komoditi unggulan Kabupaten Parigi Moutong itu bisa dipasarkan di Kota Bitung. Semoga melalui pertemuan ini akan terbangun kerjasama antar Kabupaten Kota yang saling mendukung,” kata Badrun Nggai dalam sambutannya di Balai Kota Bitung.

Wabup Badrun mengatakan, kunjungan kerja ke kota Bitung bertujuan membuka peluang kerjasama antar pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui pertemuan itu, Pemkab Parigi Moutong juga ingin memastikan pasar potensi unggulan Parigi Moutong sampai ke kota Bitung dengan pelaku usaha yang tepat atau tidak melalui perantara yang lazim dikenal dengan istilah tengkulak atau broker” Imbuhnya.

“Kunjungan kami ke Kota Bitung juga ingin memastikan jaminan keamanan dan kenyamanan pelaku usaha antar Kabupaten – Kota melalui fasilitas Tol Laut,” ungkapnya.

Sementara, Wakil Walikota Bitung, Maurits Mantiri dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Wakil Bupati Parigi Moutong dan rombongan yang telah berkunjung ke Kota Bitung.

Maurits mengaku berterima kasih karena mendapat kepercayaan menerima delegasi ekonomi Kabupaten Parigi Moutong yang dipimpin langsung Wakil Bupati.

“Selamat datang di Kota Bitung Pak Wabup Parigi Moutong bersama rombongan. Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kota Bitung, kami menyambut baik dan berterima kasih atas kunjungan ini,” kata Wakil Walikota Bitung, Maurits.

Dalam pertemuan itu, Maurits menyatakan pada prinsipnya, Pemerintah Kota Bitung membuka peluang kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong yang saling menguntungkan.

“Prinsipnya kami membuka peluang kerjasama yang saling menguntungkan. Kota Bitung adalah pasar yang sangat potensial di kawasan Teluk Tomini karena di kota ini terdapat pelabuhan laut bertaraf internasional,” ungkapnya.

Sebelum bertemu Pemkot Bitung, Wakil Bupati Badrun Nggai dan rombongan sebelumnya melakukan pertemuan dengan pihak PT. Djakarta Lloyd di kota Manado selaku Perusahaan yang selama ini mengoperasikan armada Tol Laut.

Dalam pertemuan itu terjadi dialog untuk membuka peluang usaha yang dapat dikerjasamakan, khususnya di bidang pertanian, perikanan dan perdagangan seperti semen, air mineral gas LPG dan kebutuhan industri lainnya.

Selain Asisten dan Staf Ahli, sejumlah Kepala OPD, pelaku usaha perikanan dan pertanian ikut dalam rombongan delagasi ekonomi Kabupaten Parigi Moutong itu.

Sumber : Humas Parimo

Penerbit : Deni Renaldi

Editor : Redaksi

Email Redaksi : media@matarakyatindo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here