Paripurna DPRD Parimo Melaksanakan Lima Agenda, Berikut Penjelasan Eksekutif

0
144
Editor : Sumardin (Pde)

PARIMO | matarakyatindo.com – Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai, SE mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kabupaten yang dipimpin Ketua Dekab Sayutin Budiyanto, S.Sos didampingi Wakil Ketua I dan II serta 31 anggota Dewan bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Rapat Paripurna terlaksana dalam agenda Pengesahan Jadwal Paripurna masa persidangan III tahun 2020, laporan reses anggota DPRD, penjelasan Bupati atas KUA dan PPAS tentang perubahan APBD tahun 2020 dan penutupan masa persidangan II sekaligus pembukaan masa persidangan III tahun 2020 bertempat diruang Rapat DPRD, Senin (31/8/2020).

Sebelumnya, dokumen hasil reses diserahkan Ketau DPRD kepada Wakil Bupati. Sedangkan laporan reses masa sidang II tahun 2020 dilaporkan Alfrets M. Tonggiroh.

Menurut Alfred, untuk hasil reses perseorangan anggota DPRD dimasing masing dapil diantaranya telah melaksanakan penyerapan aspirasi dan sistem kinerja, apakah melalui mitra kerja komisi ditingkat kecamatan dan desa serta usulan dan kendala-kendala serta penanganan masalah untuk instansi terkait.

Wakil Bupati Badrun Nggai bersama Ketua Dekab di damping Dua Waket DPRD Parimo saat menerima berkas laporan hasil reses (F-Pde)

Selanjutnya dilakukan sosialisasi tentang produk hukum dan kebijakan yang sedang ataupun yang telah dibuat, lalu dirumuskan oleh DPRD atau Pemerintah, jelas Alfred di Paripurna.

Wakil Bupati dalam sambutannya menjelaskan, secara garis besar untuk pedoman penyusunan APBD TA 2021 yaitu Pemerintah Kabupaten/Kota dalam menyusun RKPD harus sejalan dengan pencapaian 7 Prioritas Pembangunan Nasional dan penyusunannya disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik masing-masing daerah, urainya.

Adapun tujuan prioritas pembangunan nasional tersebut diantaranya Memperkuat ketahanan ekonomi, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan serta meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing.

Badrun menambahkan, sinergitas antara kebijakan pemerintah dengan pemerintah daerah dimaksud juga harus memperhatikan arah kebijakan fiskal pemerintah tahun anggaran 2021.

“Kerjasama yang telah kita bangun bersama ini terus kita jaga dan dilaksanakan demi pencapaian Kabupaten Parigi Moutong yang maju dan sejahtera” tutupnya. (**)

Sumber : Humas Pemda Parimo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here