Pasangan ‘SUKA’ Gagal Lolos Pilbup Dompu, Pendukung Demo KPU

0
22

Nusa Tenggara Barat (NTB) || matarakyatindo.com Bakal pasangan calon Syaifurrahman dan Ika Risky Veriyani gagal lolos di Pilbup Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ratusan pendukung dan simpatisan pasangan berjargon SUKA itu pun berunjuk rasa di KPU.

Pantauan media, Rabu (23/9/2020), massa bergerak menuju KPU dengan cara longmarch. Setibanya di depan kantor DPRD Dompu mereka tertahan oleh barisan polisi yang berjaga dengan persenjataan lengkap

Aksi saling dorong pun terjadi antara polisi dengan massa pendukung SUKA. Mereka memaksa masuk halaman Kantor KPU untuk bertemu dengan kelima Komisioner KPU.

“Kami dizalimi oleh KPU, KPU telah menciderai demokrasi,” teriak salah satu massa di atas mobil orasi.

Massa pendukung SUKA menganggap keputusan KPU lewat penetapan pasangan calon ini merupakan kejahatan. Pasalnya menurut mereka, KPU seharusnya tidak menerima pasangan SUKA ketika mendaftar jika memang tidak memenuhi syarat.

“Ini murni kejahatan, karena pada saat pendaftaran KPU menerima Paslon SUKA. Kami siap sukseskan Pilkada 9 Desember mendatang, asalkan kami tidak dizalimi seperti ini,” ungkap massa aksi lainnya di atas mobil.

Hingga saat ini, massa masih berkonsentrasi di depan kantor DPRD. Massa terus berorasi sambil membakar ban bekas di tengah jalan.

Sebelumnya, Syaifurrahman Salman-Ika Risky Veryani dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh KPU. Pasangan SUKA itu terganjal masa jeda 5 tahun untuk mantan narapidana.

Di mana sesuai ketentuan PKPU, calon kepala daerah yang berstatus mantan terpidana yakni harus menunggu masa jeda selama 5 tahun setelah melewati atau menjalani masa pidana penjara. Sementara, masa jeda Syaifurrahman yang pernah dipidana karena korupsi belum mencapai 5 tahun.

“Dari 3 bakal calon ada satu yang TMS. Atas nama Syaifurrahman Salman dan Ika Risky Veriyani,” ungkap Ketua KPU Dompu, Arifuddin kepada wartawan, Rabu (23/9/2020).

Artikel ini telah terbit di media DetikNews dengan Judul “Tak Terima Pasangan SUKA Gagal Lolos Pilbup Dompu, Pendukung Demo KPU”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here