Patut di Contoh, Desa Sausu Auma di Parimo Utamakan Transparansi Penyaluran BLT-DD

0
102

Parimo || matarakyatindo.com Warga Desa Sausu Auma Kabupaten Parigi Moutong berbondong-bondong mendatangi kantor Desa Sausu Auma untuk giat musayawarah tranparansi terkait nama penerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang dianggap layak atau tidak, Sabtu Sore (20/06/2020) Pukul 14.00 Wita

Musyawarah transparansi yang di laksanakan hingga pukul 16.00 Wita oleh Pemerintah Desa Sausu Auma merupakan saran warga, agar daftar nama penerima bisa di lihat dan dikoreksi langsung oleh warga setempat, guna menghindari kesalahan dalam daftar nama penerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebelum di tetapkan oleh Pemerintah Desa.

Amir, yang juga merupakan salah satu warga di desa tersebut, mengaku sangat senang atas gagasan yang di buat oleh Pemerintah Desanya.

“Ini patut dicontoh oleh desa-desa lainnya, terkait penyaluran BLT-DD, dengan cara ini, kami selaku warga bisa menilai secara langsung apakah warga calon penerima yang di suguhkan oleh pemerintah desa, layak atau tidak untuk menerima bantuan tersebut” Imbuhnya kepada Media matarakyatindo.com

Atika juga mengaku sangat puas dengan musyawarah yang dilakukan oleh pemerintah desanya, dirinya dan warga lainnya merasa menjadi bagian dalam penentuan kriteria calon penerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

“Hal yang semacam ini tentunya sangat kami harapkan, semoga Desa Sausu Auma di bawah Pimpinan Pak Ahmad ini akan semakin terbuka dalam pengelolaan Dana Desa” Ungkapnya dengan penuh senang.

Sementara itu, ditemui terpisah di ruang kerjanya, Ahmad selaku Kepala Desa Sausu Auma mengakui bahwa apa yang dilakukannya, adalah merupakan usulan dari warganya dan dilaksanakan sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah desa dalam pengelolaan Dana Desa di bawah pimpinannya.

“Kami sangat bersyukur atas apa yang menjadi harapan semua pihak, semua penerima BLT-DD kami tampilkan di dalam ruang rapat dalam dbentuk slide di Infokus, dan warga sepenuhnya kami berikan kebebasan dalam menilai kriteria dari masing-masing calon penerima, tentunya mereka juga menjelaskan apa point yang menjadikan calon penerima di coret dan di terima” Bebernya

Dalam pantauan kami matarakyatindo.com cukup luar biasa Pemdes Sausu Auma terkait transparansi data penerima Bantuan BLT-DD, memasang daftar nama – nama penerima manfaat di depan kantor Desa dan Infokus. Bahkan juga menampakkan Benner Transparansi APBDes secara umum, ini semua merupakan bagian dari hak publik yang diatur dalam undang-undang.

Namun, dengan begitu, untuk menjaga terus (kepercayaan) masyarakat terhadap Pemerintah Desa (pemdes), dan juga kepercayaan maupun antar masyarakat sendiri perlu adanya keterbukaan.

Semua itu telah dilakukan oleh pemdes Desa Sausu Auma. Dengan adanya keterbukaan publik yang sedemikian rupa, dapat di jabarkan bahwasanya jauh dalam penilaian buruk, ataupun adanya indikasi penyelewengan.

Ahmad menjelasakan pada media, pihaknya melakukan sesuai anjuran pemerintah dari Camat dan DPMD, yang sifatnya adalah sebagai publikasi menyampaikan informasi terkait kegiatan dan perencanaan yang ada di desa ini, papar Ahmad Kades Sausu Auma.

“Saya juga berharap pada masyarakat agar bisa mengawasi terkait bantuan BLT-DD yang nantinya kita salurkan” harap Ahmad.

Saat kami Media matarakyatindo.com bincang kecil bersama warga yang hadir di tempat mengatakan kalau dirinya percaya pada kades Sausu Auma.

“Saya percaya mas, karena semua data penerima BLT-DD sudah terpampang di hadapan kita. Saya rasa ini bagus jadi kita tidak perlu banyak tanya, tinggal liat di benner ini,” paparnya salah satu warga.

Penerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) yang mendapatkan bantuan sebanyak 83 penerima. Kegiatan ini nampak dihadiri oleh Pemerintah Kecamatan Sausu, Seluruh Aparat Desa Sausu Auma, Tokoh masyarakat dan Kelompok Masyarakat GEMPA.

Perlu kita ketahui, Dengan diundangkannya Peraturan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, maka menjadi dasar juridis dan implementatif Bantuan Langsung Tunai BLT kepada penduduk miskin di desa.

Karenanya, diperlukan kesiapan dan kesigapan Pemerintahan Desa Sausu untuk segera mendistribusikan BLT dimaksud secara tertib, adil, dan tepat yaitu tepat sasaran, tepat orang, tepat waktu, tepat proses, dan tepat laporan administrasi.

Reporter : Yunus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here