Pekerjaan ‘Buruk’, Dinas PUPRP Parimo Warning Pada Rekanan CV CSU Untuk Perbaikannya

0
283
Wartawan : Deni Renaldi / Editor : Pde

PARIMO | matarakyatindo.com – Proyek Pengaspalan Jalan Balinggi Kecamatan Balinggi TA 2020 bersumber APBD Kabupaten Parigi Moutong untuk proyek pengaspalan disinyalir tak sesui ketentuan pengaspalan (SPEK).

Berdasarkan pantauan matarakyatindo.com, pekerjaannya ‘buruk’ sehingga diduga proyek tersebut hanya “akal-akalan” oleh pihak rekanan karena hanya menggunakan batu 3/5 pada lapen akhir.

Seharusnya sebelum dilakukan lapisan penetrasi (LAPEN), harus menggunakan batu pecah ukuran 3 hingga 5 cm, batu pengunci batu pecah dengan ukuran 1 hingga 3 cm, batu penutup batu pecah dengan ukuran 0,3 hingga 1 cm, namun dalam prakteknya yang dilakukan pihak kontraktor ternyata batu pengunci LAPEN menggunakan batu pecah 3/5.

Berdasarkan RAB, Lapis Penetrasi (LAPEN) merupakan lapisan pengerasan dari agregat pokok dan agregat pengunci dengan gradasi terbuka. Ini dimaksudkan agar proses pengaspalan pada lapisan akhir lebih kuat dan tahan.

Menanggapi hal tersebut, Plt Kadis Dinas PUPRP, Rivai ST MSi saat di konfirmasi via whatsapp pribadinya, senin (21/9/2020), mengatakan sudah meninjau lokasi pekerjaan dan Menegur rekanan CV. CITRA SATU UTAMA, untuk melakukan pelapisan ulang, ujarnya.

“Kami sudah cek kelokasi bersama PPTKnya. Memang beberapa tumpukan batu pecah yang bagian awal tak memenuhi, serta banyak tidak pecah batunya. Menurut pengakuan pihak pekerja kontraktor, material batunya diambil dari Parigi. Sedangkan batu yang memenuhi spek diambil dari Sausu” Jelas Rivai.

Dia menambahkan, untuk batu 3/5 yang tidak memenuhi spek tadi melalui PPTKnya, sudah diperintahkan untuk dikeluarkan, “Pihak rekanan segera laksanakan Lapis Ulang Aspal terhadap pekerjaan yang sudah dilaksanakan dilokasi kegiatan” jelas Rivai.

Plt Kadis PUPRP memohon kiranya pihak rekanan segera melakukan koordinasi kepada PPTK, Tim Teknis dan Konsultan Pengawas, untuk proses pekerjaan disisa waktu yang ada” Pungkasnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here