Pelatihan Dasar CPNS Jangan Dijadikan Formalitas Semata Tanpa Makna

0
109

PARIMO matarakyatindo.com Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran, Resmi menutup Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi tahun 2019. Bertempat di ruanga rapat lantai dua kantor bupati kamis 7/7/ 2022.

Dalam kegiatan tersebut di hadiri Sekretaris BKPSDM Sulawesi Tengah, Kepala BKPSDM Parigi Moutong, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, sekretaris Dinas Komimfo, Direktur RSUD Pratama Moutong, Direktur RSUD Raja Tombolotutu.

Sambutan Bupati Parigi Moutong, yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekda) Parigi Moutong Zulfinasran, S. STP., M.A.P menyampaikan pelatihan dasar CPNS yang telah kita laksanakan ini merupakan pola kerjasama antara badan pengembangan sumber daya manusia daerah provinsi sulawesi tengah sebagai lembaga yang terakreditas dengan badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia kabupaten parigi moutong.

Kata Sekda, untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang diukur berdasarkan kemampuan dalam menunjukkan sikap perilaku bela negara, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS.

“Dalam melaksanakan tugas dan perannya secara profesional dalam memberikan pengetahuan dan pembentukan wawasan kebangsaan, “kepribadian, dan etika PNS serta pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat. Ucap Zulfinasran.

Lanjut kata Sekda, namun disisi lain, usai mengikuti pelatihan dasar, masih banyak calon pegawai negeri sipil yang tidak menunjukan perubahan terhadap pola kerjanya, kinerjanya tidak meningkat bahkan justru menurun. Fenomena ini tentu saja tidak kita inginkan. Tegas Sekda

Ia mengingatkan, kegiatan pelatihan dasar ini jangan hanya dijadikan formalitas semata atau proses rutinitas tanpa makna. olehnya, pada kesempatan ini saya mengajak kepada para CPNS yang sudah mengikuti pelatihan dasar untuk tidak lagi berpikiran seperti itu.

Sekarang waktunya membuktikan bahwa ada korelasi positif antara pelatihan dasar dengan peningkatan kinerja individu aparatur dan kinerja instansi tempat saudara bekerja.

Saudara-saudara merupakan generasi penerus yang kelak akan menjadi pemimpin daerah ini, dipundak saudaralah harapan yang besar dari pemerintah kabupaten serta instansi tempat saudara bekerja yang hendaknya saudara sikapi

Dengan selalu meningkatkan kemampuan dan keterampilan saudara, sehingga suatu saat nanti saudara betul-betul dapat menjadi aparatur yang profesional, dan memiliki akhlak serta budi pekerti yang tinggi. Harap dia.

Dia menghimbau harus benar-benar menjiwai dan mencintai tugasnya sebagai pegawai negeri sipil, disamping itu harus memiliki kesadaran dan komitmen moral sebagai umat yang beragama, sehingga dapat melaksanakan hak dan kewajibannya.

Dikarenakan sesuai tupoksinya masing-masing karena itu diharapkan setiap ASN tidak hanya memiliki kecerdasan namun harus menjunjung tinggi integritas yang harus di internalisasikan dan dilaksanakan dalam pelaksanaan tugas keseharian sebagai seorang ASN. Tandas Zulfinasran.

 

Sumber : Prokopim Sekda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here