Pembukaan Rakor Peningkatan kewaspadaan kesehatan hewan terhadap penyakit mulut dan kuku PMK. 

0
161

PARIMO matarakyatindo.com Pemda Kab. Parigi Moutong (Parimo) Sulawesintengah menggelar Rapat koordinasi (Rakor) tentang kewaspadan terhadap kesehatan hewan, yang di gelar dilantai II kantor Bupati, Selasa (19/7/2022). Tentang penyakit mulut dan kuku (PMK).

Rakor tersebut juga di hadiri dari Kepolisian dan TNI, “Asiten Adminitrasi Umum, Siti Wahyuni Borman mengatakan badan kesatuan bangsa dan politik kab. parigi moutong melalui kegiatan ini mewaspadai pentingnya diketahui penyakit mulut dan kuku (pmk) adalah penyakit hewan menular yang saat ini paling ditakuti oleh semua negara.

Ia. Mengetahui penyakit ini tentu berdampak pada kerugian ekonomi yang sangat tinggi dikarenakan oleh Penyebaran dari penyakit ini sangat cepat. Ucapnya.

sebagai reaksi cepat pemerintah kabupaten parigi moutong dalam hal ini dinas terkait melakukan rakor peningkatan kewaspadaan kesehatan hewan terhadap penyakit mulut dan kuku atau yang di sebut PMK.

Dia, “berharap melalui rakor ini dapat menghasilkan cara atau strategi penanggulangan pmk. Langkah pemerintah dalam rapat koordinasi ini selain meningkatkan kerjasama dan koordinasi dalam pelaksanaan. Tuturnya.

Kata dia. “pengawasan pemasukan ternak ruminansia (sapi, kerbau, kambing, domba babi serta produknya (terutama daging dan susu). Di tambahkannya, Langkah selanjutnya adalah meningkatkan pengawasan lalu lintas hewan, dicheck point antar provinsi/kabupaten dengan melibatkan pihak aparat kepolisian.

Untuk kemudian tidak mengeluarkan rekomendasi/izin pemasukan ternak rentan PMK dari luar daerah yang tertular PMK. langkah cepat yang dilakukan agar semua stakeholder bersinergi dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap ternak yang teridentifikasi positif pmk sehingga kasus pmk sedini mungkin dapat diantisipasi. Tutup. Siti Wahyuni.

“Sementara itu waka polres Parigi Moutong Kompol I Putu Surya Bhakti SH MH juga mengatakan menginginkan bahwa untuk pembentukan satgas nanti dapat ditindaklanjuti sampai ketingkat kecamatan.

salah satu tugas dari TNI dan polri membantu dalam monitoring dan penyekatan di cek poin masing-masing kecamatan agar semua terkontrol dan terwaspadai. Imbuhnya.

 

Sumber : Prokopim Pemda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here