Pemda Parigi Moutong Ajak Semua Stakeholder Bayar ZIS Melalui BAZNAS

0
47

PARIMO | matarakyatindo.com – Bertempat di lantai II Kantor Bupati, Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai, SE menghadiri Lounching Pencanangan Program Gerakan Cinta Zakat di Kabupaten Parigi Moutong.

Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Parigi Moutong mengajak stakeholder untuk membayar Zakat melalui BAZNAS sebagai Lembaga resmi Pemerintah yang Berwenang melaksanakan Pengelolaan Zakat Infaq Sedekah (ZIS) Jumat, 7 Mei 2021.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional ( BAZNAS ) Kabupaten Parigi Moutong Drs. H. Mubin Abidin mengatakan, dengan menggelar Gerakan Cinta Zakat merupakan gerakan yang diinisiasikan BAZNAS untuk meningkatkan kesadaran umat Islam di indonesia dalam menunaikan Zakat setelah dilaksanakannya Lounching oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggai 15 April 2021 yang lalu.

Hal ini diperlukan langkah selanjutnya untuk mengkampanyekan Gerakan Cinta zakat di Baznas Provinsi, Baznas Kabupaten/Kota dengan harapan dapat bersinergis dengan pemerintah daerah untuk mengikuti dan melaksanakan gerakan cinta zakat di bulan Ramadhan tahun ini dengan melakukan koordinasi kepada stakeholder diseluruh Indonesia.

“Alhamdulillah hari ini kita akan mewujudkannya bersama dengan melaksanakan Gerakan Cinta Zakat yang akan dilounching Bapak Wakil Bupati Parigi Moutong melalui Tema “Bayarlah ZIS anda melalui BAZNAS sebagai lembaga resmi pemerintah yang berwenang melaksanakan pengelolaan zakat secara Nasional”. Tuturnya

Lounching ini akan ditandai dengan pembayaran zakat tunai dari pejabat lingkungan Pemda Parigi Moutong kepada BAZNAS. Dengan harapan melalui Lounching Program Gerakan Cinta Zakat hari ini.

Untuk itu diharapkan seluruh Pejabat, ASN, TNI Polri, Anggota DPRD, Pengusaha, Profesi, Pedagang, Petani, Kelautan, Tambang, dan seluruh Umat Islam yang telah mampu menjadi setia dan komitmen membayarkan zakatnya melalui BAZNAS Kabupaten Parigi Moutong.

Menurutnya, hanya BAZNAS Lembaga yang sah dan berwenang dalam hal mengumpulkan, menyalurkan, mendayagunakan zakat dan bertanggungjawab yang baik secara syar’i maupun secara peraturan perundang-undangan.

Sementara Wakil Bupati Badrun Nggai, SE, mengapresiasi kepada BAZNAS Kabupaten Parigi Moutong sudah melaksanakan kegiatan Gerakan Cinta Zakat yang merupakan gerakan berzakat secara nasional yang diprakarsai oleh Presiden dalam mendukung program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat.

“Hari ini kita dapat melaksanakan peluncuran Gerakan Cinta Zakat di tingkat Kabupaten Parigi Moutong sebagai tindak lanjut gerakan nasional yang telah lebih dahulu dilaksanakan oleh pemerintah pusat,” jelas Wakil Bupati dalam sambutannya.

Badrun Nggai SE menjelaskan, gerakan yang dilakukan saat ini untuk lebih mengoptimalkan penerimaan Zakat di Kabupaten Parigi Moutong.

Lebih jauh dijelaskan, zakat merupakan kewajiban ibadah umat Islam untuk menyucikan diri dan hartanya dari hak-hak orang lain.

Melalui momentum peluncuran Gerakan Cinta Zakat tersebut, Wakil Bupati Badrun Nggai, SE mengajak segenap pejabat, ASN, TNI Polri, Anggota DPRD, Perbankan, Pengusaha, Profesi, Pedagang. Petani, Kelautan, Tambang dan seluruh Umat Islam serta pengusaha Muslim untuk menunaikan Zakat melalui BAZNAS Kabupaten Parigi Moutong sebagai lembaga yang berwenang dalam pengelolaan zakat di Kabupaten ini.

Wakil Bupati menghimbau kepada para OPD yang belum mengoptimalkan pembayaran Zakatnya terutama yang belum melaksanakan kegiatan pengumpulan Zakat Infak Sedekah ( ZIS) agar segera mengoptimalkan kegiatan pengumpulan ZIS di instansinya masing-masing.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati menyempatkan diri menyerahkan Zakat dan Infak kepada Badan Amil Zakat Nasional BAZNAS Kabupaten Parigi Moutong.

Sumber : HUMAS PEMDA / Editor : Pde

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here