Pemda Parimo Terima Bantuan Rawan Pangan Transien Untuk Korban Bencana

0
76

PARIMO | matarakyatindo.com – Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah menyerahkan bantuan rawan pangan transien kepada Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong.

Bantuan rawan pangan transien diserahkan oleh Kepala Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengan, Ir. H. Abdullah Kawulusan, M.Si dan diterima secara simbolis oleh Wakil Bupati Parigi Moutong, H. Badrun Nggai, SE bertempat diruang kerja Wakil Bupati.

Penyerahan tersebut ditandai dengan penandatangan berita acara penerimaaan dan disaksikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Nelson Metubun, SP. Rabu 12 Agustus 2020.

Kepala Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah, Ir. H. Abdullah Kawulusan, M.Si menyampaikan bantuan cadangan pangan transien merupakan keadaan kerawanan pangan yang disebabkan kondisi tidak terduga karena datangnya berbagai musibah, bencana alam, kerusuhan, musim yang menyimpang dan keadaan lain yang bersifat mendadak.

Menurutnya, cadangan pangan transien yang diberikan sejumlah 17 Ton 190 Kg diperuntukan bagi 1.910 Jiwa di wilayah Eks Kecamatan Parigi yang tertimpa bencana alam dengan masa penanganan 30 hari termasuk daerah terdampak Covid-19.

“Bantuan ini akan disalurkan dalam masa penanganan 30 hari, jadi bisa seminggu, dua minggu atau sebulan.” tutur Kadis Pangan Sulteng tersebut.

Ditambahkannya, dimasa pandemi Covid 19, Pemerintah Provinsi memberikan kebijakan dengan menambahkan cadangan pangan transien hingga 700 ton.

“Ada refocusing anggaran yang biasanya kita 100 ton menjadi 700 ton. Apabila masih ada permintaan dari pemerintah daerah kami akan data kembali, karena saat ini masih ada sekitar 300 ton cadangan pangan transien.” terang Kadis Pangan Provinsi.

Diwaktu bersamaan, Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai, SE menyampaikan Kabupaten Parigi Moutong merupakan lumbung pangan. Pasca bencana yang melanda wilayah eks Kecamatan Parigi belum lama ini, membuat ketersediaan pangan sangat krusial diwilayah tersebut, tapi tidak membuat keadaan yang lebih buruk untuk ketersediaan pangan daerah ini.

Wabup mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah yang telah menyerahkan bantuan rawan pangan transien kepada Pemerintah Kabupaten bagi korban banjir.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan yang diserahkan ini, secepatnya kami akan menyalurkan kepada masayarakat yang berhak menerimanya demi kestabilan perekonomian di wilayah Kabupaten Parigi Moutong.” tutur Badrun Nggai.

HUMAS PEMDA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here