Pemda Touna Serahkan Bansos, Warga : Terima Kasih Bupati Tojo Una-Una.!!

0
97

Ampana || matarakyatindo.com – Dalam rangka membantu Masyarakat Miskin ditengah Pendemi Wabah Virus Covid 19 Pemerintah telah mengambil langka untuk membantu Masyarakat Miskin di wilayah Kabupaten Tojo Una Una. Bantuan mulai di salurkan ke Masyarakat mulai dari Kecamatan Tojo Barat dan Kecamatan Tojo. Selasa,(12/5/20)

Dalam Pantauan Media matarakyatindo.com, Bupati Tojo Una Una Muhammad Lahay SE MM, nampak menghadiri langsung penyerahan Sembako kepada Masyarakat secara simbolis di dua Kecamatan.

Pada kesempatan tersebut juga di hadiri oleh Kepala BULOG Poso Anwar Halim, Kapolres Tojo Una Una di Wakili oleh Kabag Ren Polres Tojo Una Una, Dandim 1307 Poso atau yang mewakili, Kapolsek Tojo, Asisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Alfian Matajeng, Kepala Dinas Sosial Moh Kusno, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil M.I.A Latimumu , Kepala Bapelitbangda Moh Idrus,Plt. Kasat Pol PP ,Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Moh.Kusno, Inspektur Daerah, Camat dan Kepala Desa se Kecamatan Tojo Barat dan Tojo.

Pada kesempatan penyerahan Bansos tersebut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tojo Una Una mengatakan bahwa Bansos Pangan Untuk Kecamatan Tojo Barat mendapatkan Bantuan sebanyak 540 Kepala Per KK

“Dengan Rincian untuk Desa Bambalo sebanyak 44 KK, Desa Galuga 23 KK, Desa Kabalo 23 KK, Desa Malei Tojo 13 KK, Desa Malewa 27 KK, Desa Matako 51 KK, Desa Mawomba 34 KK, Desa Nggawia 50 KK, Desa Tanamawau 42 KK, Desa Tatari 27 KK, Desa Toliba 17 KK, Desa Tombiano 53 KK dan Desa Ujungtibu Sebanyak 136 KK. Dengan rincian Beras sebanyak 10.800 Kg, Gula Pasir 2.160 Kg, Minyak Goreng 1.080 Liter dan Telur Ayam sebanyak 23.760 Butir” Ungkapnya

Tak hanya itu, di Kecamatan Tojo juga ikut Mendapatkan Bansos Pangan sebanyak 873 Kepala Keluarga dengan rincian untuk Desa Bahari 40 KK, Desa Banano 46 KK, Desa Betaua 47 KK, Desa Buyuntaripa 29 KK, Desa Dataran Bugi 35 KK, Desa Kalemba 29 KK, Desa Korondoda 42 KK, Desa Lemoro 80 KK, Desa Pancuma 64 KK, Desa Podi 40 KK, Desa Sandada 73 KK, Desa Tayawa 67 KK, Desa Tojo 82 KK, Desa Tongku 57 KK, Desa Uedele 74 KK, Desa Uekuli 68 KK. Dengan rincian beras sebanyak 17.460 Kg, Gula Pasir 3.492 Kg, Minyak Goreng 1.746 Liter dan Telur Ayam sebanyak 38. 412 Butir.

“Diketahui yang diterima Masyarakat adalah Bansos Pangan selama 2 Bulan yaitu untuk Bulan April-Mei 2020 sebesar 20 Kg Beras, 4 Kg Gula pasir, 2 Liter Minyak Goreng dan 44 Butir Telur ayam” Tambahnya

Terpisah, Bupati Muhammad Lahay menegaskan pemda Tojo Una-Una sangat senang bantuan mulai di salurkan sehingga terjawab sudah keluhan Masyarakat.

“Kita tidak sengaja memperlambat penyaluran bansos ini, namun kita terlebih dahulu mendata Penerima Bansos sebelum dibagikan menginggat saat ini bantuan, ada beberapa jangan nanti terjadi tumpang tindi” Ungkap Bupati Tojo Una-Una Muhammad Lahay

“Iya, ini diatur dengan sebaik-baiknya dan agar Data Penerimanya Tidak Tumpang Tindih’ Tegasnya

Dikatakan bahwa Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tidak lagi Menerima Bantuan Sosial Pangan dikarenakan Anggaran yang sangat terbatas dan Masih banyak Masyarakat yang membutuhkan Bantuan yang belum tercover oleh Data.

Bupati menambahkan bahwa Bansos pangan ini sudah lama dinantikan masyarakat, dan hari ini sudah mulai disalurkan, ini adalah wujud nyata keseriusan Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una dalam membantu ekonomi masyarakat ditengah dampak Covid19.

“Insyallah dalam Penyaluran Bantuan-Bantuan di 12 Kecamatan, saya hadiri dan Serahkan Langsung karena murni sebagai Bentuk Tanggung Jawab saya sebagai Bupati atau Kepala Daerah di Wilayah ini”Bebernya

Bupati Juga berharap kepada para penerima bantuan agar memanfaatkan bantuan sebaik baiknya,semoga bantuan ini bisa bermanfaat,tambahnya lagi.

Terpisah, salah satu Warga Tojo Mewakili warga lainya sangat mengapresiasi Pemda Touna

“Bantuan sudah ada dan kami sudah terima langsung hari ini, terima Kasih pak Bupati Muhamad Lahay atas Bantuan sosialnya yang telah diberikan, terima kasih juga kepada Dinas Sosial Touna” Ucap Mohamad P Majadi Warga Desa Betahua pasca dirinya menerima bantuan langsung dari Bupati bersama warga lainnya.

Reporter : Moh. Hatta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here