Pemdes Ogotion di Parimo Serahkan BLT Dana Desa Door To Door Ke Rumah Warga

0
263

Parimo || matarakyatindo.com Pemerintah Desa Ogotion Kecamatan Mepanga pada Rabu (03/06) telah menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahap Pertama.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa berserta BPD dan Aparat desa setempat.

Adapun Keluarga Penerima Manfaat BLT DD Tahap Pertama di Desa Ogotion berjumlah 203 penerima, masing-masing penerima mendapatkan Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan yakni Bulan April, Mei dan Juni 2020 dengan jumlah total sebesar Rp 365.400.000,-

Kepala Desa Ogotion, Budi mengatakan pihak Pemdes Ogotion telah menyelesaikan berbagai tahapan sesuai ketentuan terkait pencairan BLT DD Tahap Pertama ini.

“Alhamdulillah semua proses telah terlewati sehingga pada hari ini dapat diserahkan BLT-DD Tahap Pertama ke seluruh penerima. Adapun teknis penyerahan tidak dilaksanakan resmi dengan seremonial , melainkan kami yang mengantar langsung ke rumah penerima sesuai dengan prosedur pencegahan Covid-19 dan untuk lebih menunjukan simpati dan empati kami kepada warga yang menerima,” Kata Budi

Rahli selaku ketua BPD Desa Ogotion yang berkesempatan juga menyerahkan BLT DD menyampaikan harapannya agar dana BLT- DD ini dapat meringankan beban masyarakat terutama kebutuhan ekonomi beberapa bulan kedepan, sehingga warga bisa ikut merasakan kebahagian terlebih setelah menyambut Hari Raya Idul Fitri.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa yang telah menyelesaikan tahapan dengan baik, sehingga BLT-DD dapat cepat tersalurkan ke Keluarga Penerima Manfaat” lanjut Rahli.

Sementara itu Pendamping Desa Gafir menjelaskan bahwa semua desa di Kecamatan Mepanga pada dasarnya telah menyelesaikan tahapan pengajuan BLT DD, namun pada prosesnya pada hari ini Desa Ogotion dapat menyelesaikan, dan melaksanakan pembagian langsung kepada Keluarga Penerima Manfaat.

“Proses pengajuan BLT DD memang memerlukan kerja keras dari pemerintah desa, dimulai dari pendataan, selanjutnya melalui mekanisme Musdes Khusus, kemudian hasil musdes wajib diverifikasi oleh tim di kecamatan untuk menghindari terjadinya kesalahan data, serta double penerima dari PKH, BPNT dan BST. Hasil verifikasi selanjutnya berupa SK Penetapan Camat dan Desa segera membuat Peraturan Kepala Desa serta posting perubahan APBDes. Adapun proses pencairan jika Dana Desa Tahap Pertama masih mencukupi di rekening desa maka dapat segera dicairkan, namun jika tidak mencukupi maka menunggu Dana Desa Tahap Kedua di transfer oleh Pemerintah Pusat,” jelas Gafir.

“Harapan kami bagi Keluarga Penerima Manfaat di desa lain yang belum menerima dimohon bersabar, karena semua telah berproses dan akan menyusul untuk segera melaksanakan penyerahan BLT DD tersebut,” tambah Gafir kembali.

Reporter : Yunus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here