Pemdes Sumber Agung Serahkan BLT-DD Tahap 2 Kepada 134 KK Penerima Manfaat

0
477

PARIMO | matarakyatindo.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sumber Agung Kecamatan Mepanga kembali salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) ke 134 kepala keluarga (KK), di Tahap 2, Rabu (20/5/2020), bantuan kali ini diketahui penyerahan di Kantor Desa.

Kepala Desa Sumber Agung yang ditemui matarakyatindo.com Basri Malla, mengatakan pihaknya kembali menyalurkan BLT tahap 2. Dimana sebelumnya pada tahap 1 bantuan di berikan ke rumah penerima masing-masing, penyerahan melibatkan babinkamtibmas pospol mepanga.

Menurutnya penyerahan sesuai data Pemdes dan terjaring sebanyak 134 KK, dari total 218 KK usulan, dimana pihaknya telah menjadwalkan penyerahan di kantor Desa.

“Saya berharap bantuan yang diterima dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan dimasa covid 19, sehingga segala kebutuhan bisa terpenuhi,” Urainnya.

Ditambahkanya jumlah Dana Desa yang dialokasikan sebagai BLT kepada 134 KK sebesar Rp 242 juta, atau 30 persen dari total Dana Desa yang diterima tahun 2020 sebesar Rp 820 juta serta dana Silpa Rp 1.600.000

“Untuk proses veifikasi lapangan, kami libatkan perangkat desa dan Satgas Covid 19, juga kami libatkan,” ungkapnya lagi.

Verifikasi lapangan tersebut dilaksanakan secara ketat dengan menggunakan kriteria yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Nama-nama calon penerima juga dibahas berjenjang mulai dari tingkat dusun sampai dengan proses Musyawarah Desa (Musdes) dengan melibatkan semua tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Hal itu dilakukan untuk meminimalisir permasalahan yang mungkin timbul dalam penyaluran BLT ini. Pihaknya yakin pencairan ini sangat transparan dan tepat sasaran. Walaupun ada riak-riak kecil, itu karena kurangnya pemahaman masyarakat.

“Mereka mengira seluruh masyarakat mendapatkan BLT darii Dana Desa, padahal di luar itu ada juga penerima PKH dan BPNT. Dan Bansos, Setelah kami berikan pemahaman, masyarakat bisa menerima dan bisa memahami,” tutup Basri.

Reporter : Deni Renaldi / Editor : BIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here