Pemkab Peringati Hari Pahlawan di Makam Tombolotutu Desa Toribulu

0
53

PARIMO | matarakyatindo.com – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong menggelar Peringatan Hari Pahlawan 10 November di Lokasi Makam Pahlawan Nasional Tombolotutu di Desa Toribulu Kecamatan Toribulu.

Turut hadir dalam upacara tersebut Unsur Forkompinda Kabupaten Parigi Moutong dan para kepala OPD dan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Mawardin Tjambaru SS MSi.

Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, peringatan hari pahlawan dilaksanakan di halaman kantor Bupati, namun tahun ini dilaksanakan di lokasi makam Tombolotutu.

Hal ini dilakukan untuk mengenang kembali perlawanan Tombolotutu dalam menghadapi penjajah serta sebagai bentuk kebanggaan Daerah Kabupaten Parigi Moutong dimana Tombolotutu menjadi satu satunya Pahlawan Nasional yang berasal dari Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah.

Keputusan ini sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 109 dan 110 TK Tahun 2021 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan Bintang Jasa.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Aidar Lapato, S.Sos, M.Si saat di temui usai peringatan upacara Hari Pahlawan tersebut mengatakan ditetapkannya Tombolotutu sebagai pahlawan nasional adalah menjadi kebanggaan daerah ini.

Menurutnya, penganugrahan Raja Tombolotutu sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah pusat menjadi sejarah tersendiri bagi pemerintah Sulawesi Tengah dalam mengusulkan tokoh daerah pahlawan nasional yang berasal dari Sulawesi Tengah.

Pada kesempatan yang sama tersebut juga diberikan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama kepada Almarhum dr. Agus Suryono Hadi .

Usai pelaksanaan upacara dilakukan tabur bunga oleh seluruh unsur Forkompinda dan kepala OPD di makam Tombolotutu.

PROKOPIM PEMDA / Editor : Pde

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here