Penghapusan Denda Pajak Kendaraan Berlaku Hingga 31 Mei Mendatang

0
255

PARIMO | matarakyatindo.com – Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Parigi Moutong berencana menggelar program pemutihan atau penghapusan denda pajak kendaraan bermotor (PKB) mulai 1 Maret sampai dengan 31 Mei 2020 mendatang.

Program tersebut sesuai surat edaran Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, soal ketentuan mengenai pemutihan PKB yaitu Peraturan Gubernur No. 4 tahun 2020, terhadap pemanfaatan fasilitas pengurangan pajak kendaraan bermotor.

Demikian pernyataan Kepala UPTB Samsat Parigi, Irwin SE, saat di temui awak media diruang kerjanya, Rabu (11/3/2020).

Menurut Irwin, terkait penghapusan dan pengurangan denda pajak kendaraan bermotor selain pemutihan, juga memberikan insentif berupa pengurangan pokok tunggakan pajak kendaraan, dan pengurangan pokok bea balik nama kendaraan bermotor kedua, urainya.

Untuk setoran pajak dari wajib pajak kata dia sangat dibutuhkan Pemda. Apalagi, setoran pajak akan digunakan untuk meringankan beban finansial Pemda pasca bencana alam yang terjadi di Sulteng pada tahun 2018. Kata Irwin.

Sedangkan menyoal pemberian pengurangan pokok tunggakan pajak untuk kendaraan bermotor yang tidak melakukan pendaftaran ulang dan pelunasan masa berlaku pajak setelah melampaui waktu 5 tahun atau lebih, diberikan pengurangan pokok sebesar 100% dan diberikan penghapusan sanksi administrasi sebesar 100% sejak terutangnya pajak.

“Masa berlaku terhitung sejak Januari sampai dengan Desember 2018, perjanuari 2019 hingga 2020 itu tidak terhitung pengurangan atau penghapusan denda pajak” tambah Irwin.

Saat ini Samsat terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang adanya pengurangan dan penghapusan denda pajak kendaraan bermotor, melalui selembaran brosur kepada masyarakat, dengan sasaran tempat keramaian seperti, pasar, rumah sakit, SPBU, dan tempat yang ramai dikunjungi masyarakat.

“Kami juga mensosialisasikan melalui spanduk dan baliho, serta melalui media sosial seperti Facebook yang mudah di akses masyarakat luas. Inn sya allah Minggu ke empat bulan ini kami Samsat keliling akan turun lapangan” tutupnya.

Reporter : Deni Renaldi / Editor : Pde

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here