Penyaluran Aneka Tunjangan Guru Semester II 2021 di Evaluasi Disdikbud

0
60

Foto: Pemaparan GTK kepada guru di Parimo berlangsung di gedung D (F-Pde)

PARIMO | matarakyatindo.com – Dalam rangka memperlancar proses administrasi penyaluran tunjangan profesi guru tahun 2021 di lingkungan Disdikbud Parimo, seratusan perwakilan guru hadir dalam tahapan sosialisasi dan evaluasi penyaluran Aneka Tunjangan guru Semester II tahun 2021 di gedung D Rabu (16/6/2021).

Kegiatan yang digelar Bidang Guru Tenaga Kependidikan (GTK) secara bergantian memaparkan, terutama soal adanya keterlambatan sistim penyalurannya, baik untuk sertifikasi PNS dan non PNS, tunjangan guru terpencil serta honorer daerah.

Menurut Kasi Kesejahteraan, Penghargaan dan Perlindungan Guru (GTK) Disdikbud Parimo, Zakir dihadapan para guru menjelaskan, jumlah guru yang terabdet melalui singkronisasi data dapodik tercatat 2.196 orang guru yang akan disalurkan tunjangan pada triwulan dua dan akan disalurkan melalui nomor rekening masing-masing.

Menurutnya, Sinkronisasi data pada Dapodik dilakukan berdasarkan Informasi pada info GTK yang telah dinyatakan kebenarannya dalam Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) dan disetujui oleh kepala sekolah pada saat sinkronisasi Dapodik.

Sementara untuk Verifikasi dan validasi data dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

– Guru melakukan pemutakhiran data

– Dinas pendidikan dan Kebudayaan melakukan verifikasi dan validasi data setelah mengetahui data Guru sudah valid; dan

– Dinas pendidikan sesuai kewenangannya harus memastikan nominal gaji pokok terakhir Guru penerima sudah benar sesuai dengan data Badan Kepegawaian Negara.

Tapi kata dia, evaluasi dan sosialisasi terus dilakukan, mengingat sejumlah data guru di data pokok kependidikan belum sesuai dengan ketentuan.

“Hal ini terlihat pada beban mengajar yang harus terpenuhi 24 jam, SK beban mengajar serta data yang lainnya tidak valid ketika dimasukkan ke dalam sistem aplikasi” urainya.

Sebagai upaya memenuhi kriteria untuk penyaluran aneka tunjangan guru semester II, menurutnya bahwa sistem penyaluran yang menggunakan rekening bank, atau bukan yang digunakan daerah saat ini tetap dilakukan evaluasi.

Dia mengingatkan kepada guru yang masih menggunakan rekening bank lainnya agar terus melakukan pengecekan transfer gaji masing-masing karena sistim transfernya butuh waktu. (**)

Penulis : Sumardin (Pde)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here