Penyaluran BLT Dana Desa Tahap III di Desa Siendeng – Bolano Lambunu Berjalan Lancar

0
261

PARIMO | matarakyatindo.com – Sebanyak 145 Kepala Keluarga Desa Siendeng, Kecamatan Bolano Lambunu, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap III untuk masyarakat yang terkena dampak ekonomi wabah pandemi COVID-19, Senin (29-06-2020) berjalan lancar.

Penyaluran BLT tahap Ketiga ini didampingi langsung BPD, pendamping Kecamatan, pendamping desa, dan Jajaran Pemerintah Desa Siendeng.

Anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari APBDes Dana Desa (DD) desa Siendeng Tahun 2020 sebesar Rp 891,057,000. sebagaimana diamanahkan melalui Peraturan Menteri Desa, PDTT No 6 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Saat di temui matarakyatindo.com, Kepala desa Siendeng, Lahrin matalau SPd I mengatakan, jumlah penerima BLT Tahap ke III Desa Siendeng sebanyak 145 Kepala Keluarga dan ini yang tidak terdata sebagai penerima bantuan sosial baik dari Kabupaten, Provinsi maupun Pusat, dengan besaran BLT dan jangka waktu penerima sesuai dengan yang telah diatur dalam Permendes, PDTT terbaru.

“145 KK penerima ini memang warga kurang mampu di desa kita yang belum masuk dalam kategori bansos lainnya dari pemerintah, sehingga kita bantu melalui program BLT Dana Desa, dengan bantuan tahap ke III sebesar Rp 600 ribu per orang selama 3 bulan sesuai dengan aturan dalam Permendes PDTT terbaru dan ini BLT tahap kedua pada bulan Juni, terang kades

Menurut Lahrin, penerimaan bantuan ini juga di lakukan di ruang Aula Kantor desa Siendeng dengan mengacu pada protokoler kesehatan. Sedangkan bagi masyarakat penerima BLT yang diketahui kronis atau tidak dapat hadir, pemerintah desa langsung mendatangi rumah warga untuk memberikan BLT DD dimaksud.

Berdasarkan data diterima media ini tercatat bahwaj jumlah KPM keluarga penerima manfaat BLT DD sebelumnya ditahap satu sebanyak 147 KK, namun setelah pencairan tahap dua dan tahap tiga tersisa 145 KK.

Hal ini dikarenakan dua nama penerima BLT DD masuk namanya sebagai penerima BPNT sesuai DTKS sehingga tersisa 145 KK, ungkap Kades Siendeng ini.

Reporter : Deni Renaldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here