Penyusunan Rencana Rinci Tata Ruang Kawasan Perdesaan Sebagai Proritas Nasional

0
330

 

PARIMO | matarakyatindo.com – Direktorat Penataan Kawasan, Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Parigi Moutong menggelar Konsultasi Publik ll Penyusunan Rencana Rinci Tata Ruang Kawasan Perdesaan Proritas Nasional.

Kegiatan tersebut dibuka Asisten Pemerintahan Dan Kesra, Drs. Samin Latandu mewakili Bupati, bertempat di Aula Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong, Rabu, (16/10/2019).

Kapala Sub Bidang Direktorat Penataan Kawasan Pedesaan Firsta Ismet ST mengatakan, konsultasi publik ll penyusunan rencana rinci tata ruang kawasan pedesaan proritas Nasional di Kabupaten Parigi Moutong merupakan tindak lanjut dari konsultasi publik tahap pertama.

Menurut Firsta, konsultasi publik tahap II akan membahas dua produk yang telah dihasilkan yaitu rencana tata ruang strategis yang telah dimuat dalam bentuk master plan dan matriks multi sektor.

“Konsultasi publik II merupakan urutan terakhir dari proses penyusunan produk kawasan pedesaan prioritas nasional untuk menghasilkan rencana tata ruang strategis kabupaten” ungkapnya.

Mengutip laporan Bupati, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Samin Latandu mengatakan, penataan ruang merupakan suatu sistem proses perencanaan tata ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang dalam rangka menjamin pemanfaatan ruang sebagai suatu pendekatan yang tepat dalam mewujudkan ruang wilayah yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan.

Untuk perencanaan kawasan pedesaan prioritas nasional ini kata Bupati dapat meningkatkan kualitas tata ruang kawasan pedesaan melalui penerapan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat di kawasan pedesaan.

Bupati berharap, tata ruang kawasan perdesaan proritas nasional dapat memberikan kontribusi positif dalam merevitalisasi perencanaan program dan pelaksanaan kegiatan pembentukan kawasan pedesaan.

Rapat tersebut dihadiri para kepala OPD, dan perwakilan Kecamatan Parigi Selatan, Sausu, Torue dan Balinggi.

| Humas Pemda Parigi Moutong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here