Peringati 1 Muharram 1442 H, Ratusan Santri di Parimo Melakukan Pawai Obor Keliling

0
160
Laporan khusus dari Sumardin Husain (Pde) 

PARIMO | matarakyatindo.com – Pawai Obor oleh anak-anak santri dari pondok pesantren Abnaul Chairaat Parigi bersama gabungan anak pelajar tingkat madrasyah lainnya dalam rangka menyambut peringatan 1 Muharram 1442 Hijria berlangsung disepanjang jalur Kota Parigi.

Pelepasan pawai obor tersebut oleh Ibu Camat Parigi Srikandi Puja Passau S.Sos, MSi didampingi pimpinan pondok pasantren Abnaul Chairaat Parimo Ustadz Musran SPdI bersama Sekretaris HPA Parimo M. Ridwan S.Sos Rabu (19/8/2020) sekira pukul 20.00 wita.

Pimpinan pondok pesantren Abnaul Chairaat Ustadz Musran SPdI mengatakan, pelaksanaan pawai obor dilaksanakan sesuai protokol kesehatan melalui pengawalan pihak Dinas Perhubungan Kabupaten dengan lintasan khusus di Kota Parigi.

“Pawai obor ini dalam rangka memperingati tahun baru Islam tepatnya 1 Muharram 1442 H dengan jumlah peserta sekitar 500 orang hingga 600 orang siswa” ujarnya.

Ustadz yang murah senyum kepada masyarakat ini menyatakan, dengan pawai obor ini kita mengajak seluruh masyarakat Muslim untuk bersama menyemarakkan peringatan tahun baru Islam 1442 Hijriyah. Dan alhamdulillah pesertanya melebihi target, sementara obor yang tersedia hanya 300,” ujarnya.

Walaupun pelaksanaan pawai obor yang sudah memasuki tahun ke 15 di Kota Parigi tahun 2020 ini adalah masa pandemi, namun menurutnya, antusias anak santri dan warga menyambut tahun baru Islam sangat besar.

Semoga tahun pelaksanaan tahun berikutnya akan lebih semarak lagi dengan melibatkan sebagian siswa-siswi tingkat Ibtidaiyah/SD dan madrasyah dalam rangka sebagai penyemangat dengan lebih meningkatkan ukhuwah Islamiah sekaligus melakukan silaturrahim.

Apa tanggapan warga muslim saat pawai obor di Kota Parigi tetap semarak ? Menurut Ibu Martha Mohi Sumardin, Masyarakat Kota Parigi mulai dari kalangan anak-anak, remaja hingga orang tua begitu antusias turun kejalan berkeliling sambil di iringi suara gendang dan lantunan sholawat di atas mobil.

Selaku muslim tentu merasa bangga atas pawai obor setiap malam pergantian tahun baru Islam, juga sangat mengapresiasinya. “Ini menandakan bahwa seluruh Umat Islam bersatu dan kompak untuk konsisten memperingati 1 Muharram” ujarnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here