Peringati Hari Batik, 434 Kabupaten di Indonesia Lomba Layangan

0
117

BANGKEP | matarakyatindo.com – Upaya Pembuatan Layang-layang oleh Kecamatan Totikum Selatan, dilakukan untuk persiapan mengikuti lomba layang-layang tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh sekitar 434 Kabupaten Kota secara serentak di seluruh Indonesia pada (06/10) bertempat di Kabupaten Kota masing-masing.

Lomba layang tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati bulan oktober hari batik nasional dan kampanye batik perdana di wilayah NKRI, yang saat ini telah berlangsung sejakĀ  25 september 2020 sampai dengan 25 oktober 2020.

Kegiatan kampanye batik dan lomba layang dilaksanakan sehubungan dengan penugasan dari Bapak Presiden RI melalui Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi.

Camat Totikum Selatan Apriyanyo Pamolango, S.STP mengatakan bahwa lomba gebyar batik seIndonesia, khususnya untuk Kecamatan Totikum Selatan, menggunakan motif atau bentuk layang-layangnya merupakan ciri khas masyarakat Totikum Selatan yang sebagian besar adalah nelayan, sehingganya Kecamatan Totikum Selatan pada desain layang-layang memakai motif berupa penyu dan ikan pari.

Lanjutnya, lomba layang-layang atau gebyar layang-layang batik desa ini secara khususnya di Kabupaten Banggai Kepulauan akan dilaksanakan di lapangan upacara Kantor Bupati Banggai Kepulauan.

“Harapan kami, selaku Camat di Totikum Selatan ini, untuk kegiatan seperti ini merupakan wujud dari kami masyarakat Totikum Selatan untuk tetap membudayakan memakai batik sebagai pakaian busana khas indonesia”. Ungkap Apriyanto.

Reporter : Ramli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here