Peringati Hari Juang TNI AD, Korem 132/Tadulako Gelar Tanam 3.000 Pohon

0
133

PALU || matarakyatindo.com – Peringatan Hari Juang TNI AD di wilayah Sulawesi Tengah dirayakan oleh Komando Resort Militer (Korem) 132/Tadulako dengan beragam agenda dan kegiatan.

Selain melaksanakan Bakti Sosial (Baksos), pada Kamis (12/12) dilaksanakan penanaman sebanyak 3.000 pohon yang di pusatkan di Hutan Kota Kaombona, Kelurahan Talise, Kota Palu.

Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita pada sambutannya mengatakan, giat penghijauan memperingati Hari Juang TNI AD yang diharapkan dapat menjadi pematik bagi seluruh elemen masyarakat untuk mencintai alam.

Bencana yang terjadi katanya bukanlah sesuatu yang datangnya serta merta namun disebabkan karena ulah manusia yang tidak menjaga alam.

“Kita jaga alam niscaya alam akan menjaga kita. Artinya manusia harus bisa selaras dengan alam yang kemudian alam akan memberikan manfaat bagi kehidupan manusia,” kata perwira tiga melati ini. Tambahnya

Danrem 132/Tadulako berharap pelaksanaan penanaman pohon kali ini bukanlah hanya sekedar seremonial semata, Namun pohon yang ditanam harus dirawat agar tumbuh dan bisa memberikan manfaat bagi kehidupan.

Menurut Kolonel Inf Agus Sasmita saat ini budaya menanam, merawat dan menjaga pepohonan telah luntur bahkan sudah mulai hilang sehingganya budaya leluhur yang baik dan selaras dengan alam itu harus bisa terus dijaga dan dilestarikan.

Kegiatan yang dihadiri oleh unsur Forkopimda Provinsi Sulawesi Tengah dan Kota Palu itu dihadiri pula oleh komunitas relawan kota hijau serta komunitas lingkungan lainnya.

Fuad relawan kota hijau kepada media ini memberikan apresiasi pelaksanaan penanaman pohon yang digelar Korem 132/Tadulako itu. Hal baik seperti ini katanya haruslah diikuti dan dilaksanakan pihak terkait agar kota hijau di Sulawesi Tengah khususnya Kota Palu dapat terwujud.

“Kita memberikan apresiasi pelaksanaan penanaman pohon bagian dari penghijauan ini, mari kita saling bersinergi menjaga alam agar tujuan kota hijau dapat tercapai dan memberikan manfaat bagi kehidupan,” ujar Fuad.

Tercatat sebanyak 3.000 pohon pelindung dan pohon peneduh jenis mahoni, trambesi, ketapang dan sirsak ditanam pada kegiatan itu.

Selain di Hutan Kota, penanaman pohon itu dilaksanakan pula di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Desa Posona Kecamatan Kasimbar, Kabupaten Parimo.

Sumber : Penrem 132/Tadulako

Diteruskan : BIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here