Peringati Harkodia, Kejaksaan Negeri Parimo Gelar Lomba Orasi Antar Pelajar

0
211

PARIMO || matarakyatindo.com – Guna memperingati hari antikorupsi sedunia (Harkodia), Kejari Parigi Moutong menggelar lomba orasi antar pelajar SMA dan SMK se-kota Parigi, dalam tajuk generasi milenial antikorupsi yang di selenggarakan di kantor kejaksaan negeri Parigi, Senin (9/12/2019).

Hal ini dimaksudkan untuk memperkenalkan kepada para siswa untuk belajar mengenal apa itu tindak pidana korupsi.

“Hari antikorupsi sedunia kali ini berbeda dari biasanya, karena untuk peringatan ini lebih pada pengenalan kepada para pelajar ‘apa itu korupsi’ melalui tema “Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju” yaitu bersih dari para koruptor khususnya di Parigi Moutong.

Demikian sekilas pernyataan Kajari Parigi Moutong, Agus Setiadi SH, pada sejumlah awak media, di Kantornya pagi tadi.

Kajari menjelaskan, dalam acara Harkodia saat ini pihaknya telah mengundang 5 Sekolah untuk mengikuti hari antikorupsi sedunia dan memberikan pemahaman apa itu korupsi.

“Alhamdulillah antusias terlihat pada saat para siswa mendemonstrasikan orasi tentang korupsi, serta mereka memahami apa itu korupsi dan dampak dari korupsi” terang Agus.

Menurutnya, dalam hal penanggulangan korupsi ini tidak hanya semata-mata diperlukan langkah-langkah pemberantasan yang bersifat sinergis, komplementer, terintegrasi dan proporsional.

Namun terlebih pada orientasi penanggulangannya yang juga harus dapat memberikan solusi dan memberikan manfaat bagi perbaikan sistem, jelasnya.

Selain itu, kata dia, persoalan korupsi sistemik tersebut dalam perkembangannya terdapat beberapa persoalan penting yang harus di waspadai bersama.

“Modus operandi untuk melakukan kejahatan korupsi saat ini yang sudah sedemikian canggih, karena telah memanfaatkan berbagai ilmu kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi” pungkasnya.

Reporter : Deni

Editor : Pde

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here