PERSAKMI Parimo – UI Jalin Kerjasama Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Rakyat Parimo

0
421

Parimo – matarakyatindo.com Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) Parigi Moutong beberapa waktu lalu  (04/05/2018) telah menjalin kerjasama dengan Universitas Indonesia dalam mengembangkan Automatic Tele health Machine Sehat (ATM SEHAT) dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan, khususnya untuk pelayanan dasar.

Upaya tersebut akhirnya telah membuahkan hasil, hal ini untuk mendukung rencana aksi daerah dalam strategi pelaksanaan Open Government Partnership atau komitmen pemerintah untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintah dimana masyarakat dengan mudah mengakses dan memeriksakan kesehatannya serta dapat berkonsultasi dengan ahlinya secara mandiri.

Untuk memantapkan kerja sama tersebut, Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) Parigi Moutong dan Universitas Indonesia menggelar diskusi terbatas untuk membahas bersama kontrak kerja sama dengan Direktorat Kerjasama UI (DKS UI) Kegiatan digelar di ruang rapat DIIB Universitas Indonesia, Sabtu (04/05/2018).

Sebelumnya Pertemuan tersebut dihadiri oleh Ketua PERSAKMI Parigi Moutong Idham Arulemba Panggagau, SKM, Direktur Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia bapak Dr.agr.Taufik Wisnu Priambodo,M.Sc dan Owner ATM SEHAT UI bapak Dr.Budhi Mulyadi Dt.Bandaro Sati SKp, M.Kep, Sp.Kep.Kom. serta mahasiswa S2 Biomedik SIGIT, S.Kep, Ners.

Dari pertemuan tersebut disepakati kerja sama kedua belah pihak yang dituangkan dalam kerjasama dengan Direktorat Kerjasama Universitas Indonesia (DKS UI), yakni peningkatan kualitas pelayanan untuk mencoba memberikan sedikit kontribusi pemikiran untuk cita-cita Parimo Sehat yang dimulai dari desa yang digagas oleh Persatuan Sarjana Kesehatan Masyarakat (PERSAKMI) Parigi Moutong

”Kerja sama tersebut diperlukan sinergi antara dua pihak, yakni Persatuan Sarjana Kesehatan Masyarakat (PERSAKMI) Parigi Moutong bersama Universitas Indonesia melalui Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia dan Owner ATM SEHAT UI” kata Idham Arulemba Panggagau, SKM yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat.

”Sehingga, melalui kerja sama Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia dan Owner ATM SEHAT UI dengan Dinas kesehatan Parigi Moutong ini akan mendorong terwujudkan pelayanan publik yang baik di bidang kesehatan sebagai salah satu indikator dari Open Government Partnership,” tambahnya.

Di akhir diskusi, Idham menambahkan, rencana tindak lanjut perlu dilakukan. Pertama, ATM SEHAT akan memaparkan tentang Maklumat Pelayanan yang akan mulai dilakukan di Desa se Kabupaten Parigi Moutong

Kedua, pihaknya berharap dibentuk pertemuan rutin untuk membahas progress dari pelaksanaan Maklumat Pelayanan yang akan dilaksanakan bersama- sama tersebut .

Dari diskusi yang berjalan, masing-masing pihak menyepakati isi dari nota kesepaham yang telah dibuat untuk kegiatan turunan seperti, implementasi Maklumat Pelayanan secara spesifik yang akan diturunkan menjadi perjanjian kerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan melalui program Automatic Tele Health Machine Sehat (ATM SEHAT) untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dasar diwilayah Parigi Moutong

Reporter : Yunus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here