PERSAKMI Siap Sukseskan ADIPURA di Parigi Moutong Tahun 2020

0
529
Ketua PERSAKMI (Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia) Parigi Moutong, Idham Panggangau, SKM

Parimo, matarakyatindo.com Ketua PERSAKMI (Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia) Parigi Moutong, Idham Panggangau, SKM menyatakan sikap untuk siap sukseskan kota Adipura Kab Parigi Moutong 2020, dalam pernyataan, dia mengatakan bahwa PERSAKMI siap mensukseskan program Pemerintah Daerah Kab. Parigi Moutong menuju kota Adipura 2020.

Pernyataan sikap ini di sampaikan Idham, di sela-sela kegiatan Bursa Inovasi Desa dan Sosialisasi ATM Sehat di Kecamatan Mepanga. Kamis (8/8/2019).

“Sebagian besar masalah kesehatan di Indonesia sebenarnya dapat dicegah melalui upaya promotif dan preventif di tataran pelayanan primer (lingkungan masyarakat dan keluarga). Akan tetapi, upaya tersebut harus berjalan dengan optimal” Imbuhnya.

Menurutnya, bahwa Puskesmas yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan upaya tersebut masih banyak berfokus pada upaya kuratif (pengobatan) bagi masyarakat, Fenomena tersebut berdampak pada kurangnya pengetahuan dan perilaku masyarakat yang mendukung kesehatan. Hal ini terlihat pada rendahnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),

“Kurangnya pengetahuan masyarakat menjadi tantangan tersendiri bagi anggota PERSAKMI khususnya tenaga Promosi Kesehatan. Dengan demikian, diperlukan pendidikan dan monitoring kesehatan yang berkelanjutan di lingkungan masyarakat” Kata Idham.

Dia juga menjelaskan Inovasi yang diberi nama Anjungan Telehealth Masyarakat Sehat (ATM Sehat) merupakan alat kesehatan jarak jauh multifungsi yang dilengkapi berbagai fitur Telehealth, seperti pengukur berat badan, tekanan darah, pemeriksaan kolesterol, gula darah, kebutuhan oksigen dalam darah, tombol panik yang bisa terhubung dengan ambulans terdekat otomatis, dan masih banyak fitur – fitur kesehatan yang lain.

ATM Sehat menghubungkan stakeholder yang melakukan upaya kesehatan promotif dan preventif langsung kepada masyarakat dan keluarga. Alat ini akan menjadi Telehealth station di lingkungan masyarakat dan keluarga.

Tentunya ini akan mendorong Kabupaten Parigi Moutong sukses menuju kota Adipura bukan hanya bersih dari sampah tapi lingkungan hidup yang sehat” Pungkasnya.

Reporter : Deni Renaldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here