Pertama di Gorontalo, KKS-T IAIN SA Gorontalo Luncurkan Aplikasi Pelayanan di Pemdes Tabulo

0
287

Boalemo, Mananggu – matarakyatindo.com Perkembangan teknologi membawa gelombang perubahan yang harus diantisipasi dengan baik. Tak terkecuali keinginan KKS-T IAIN Sultan Amai Gorontalo 2020, yang ada di Desa Tabulo Kecamatan Mananggu, Boalemo, Gorontalo yang berharap proses pengurusan administrasi berlangsung lebih cepat dan sederhana.

Aspirasi warga ditangkap oleh KKS-T IAIN Sultan Amai Gorontalo, dimana Pemerintah Desa Tabulo yang menaungi sekitar 1.600 jiwa. Sejak Awal 2020, Desa Tabulo berkeinginan mereplikasi inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Sistem Informasi Administrasi Persuratan Berbasis Excel Macro VBA (SIAP BE),

Mahasiswa KKS-T IAIN Sultan Amai Gorontalo bekerjasama dengan Aprilia Web Design Development untuk membuat Aplikasi Pelayanan Desa Tabulo.

“Kami memperoleh informasi untuk melihat seperti apa manfaat SIAP BE dalam urusan administrasi dan kependudukan, lalu akhirnya kami memutuskan untuk mengaplikasikan software tersebut di Desa Tabulo,” ujar Koordinator Desa (Kordes) KKS-T IAIN Sultan Amai Gorontalo, Siti Nurmal Mateka

Dengan integrasi aplikasi tersebut, pemerintah desa tabulo mampu membuat catatan data kependudukan yang valid dan mempermudah pengurusan surat menyurat.

“Dari hasil inovasi aplikasi Siap Be, kini Pemerintah Desa Tabulo Kecamatan Mananggu dapat mengurus pelayanan publik dengan mudah dan cepat.” Ujar Suryanata Yusuf, SAP, S.Pd selaku Kepala Desa Tabulo

Menurut Suryanata, pengurusan administrasi kependudukan kini selesai hanya dalam lima belas (15) Detik. Sebelumnya untuk mengisi formulir membutuhkan waktu hingga 1 jam. Bahkan, masyarakat kerap membawa pulang formulir tersebut lalu baru mengembalikkan keesokan harinya, sehingga Membuat waktu pengurusan administrasi menjadi lebih lama.

“Sekarang warga cukup datang ke Kantor Kepala Desa, memberikan NIK dan lampiran persyaratan sesuai kebutuhannya, lalu surat pengantar langsung jadi,” kata Suryanata menjabarkan alur pembuatan surat.

Astikah, seorang warga Desa Tabulo, merasakan kemudahan administrasi saat mengurus Surat Domisili.

“Sekarang cukup di kantor saja, tidak cukup 1 Menit sudah selesai, lebih cepat pelayanannya,” katanya.

Begitupun dengan Andika yang datang ke kantor kepala desa untuk mengurus surat keterangan izin usaha.

“Sekarang tinggal bawa KTP atau KK, suratnya sudah selesai,” tuturnya.

Meski demikian, Pemerintah Desa Tabulo menyadari masih banyak yang harus ditingkatkan dalam pelayanan administrasi dan kependudukan. Suryanata berharap bisa mengintegrasikan aplikasi-aplikasi lain untuk mengakomodir kebutuhan administrasi. Instrumen juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa.

“Tidak hanya perangkat desa, tapi saya juga ingin masyarakat memiliki aplikasi di smartphone-nya agar dapat melakukan pengurusan kependudukan hanya dari rumah, tak lupa juga peranan KKS-T IAIN Sultan Amai Gorontalo sangat bermanfaat besar di Desa yang saya pimpin, sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas inovasi ini” ucapnya.

Reporter : Vijay Karundeng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here