Pesona Alam Indah Air Terjun Baturiti Desa Catur Karya – Balinggi Masih ‘Perawan’

0
335

PARIMO | matarakyatindo.com – Kabupaten Parigi Moutong (Sulteng) ternyata masih menyimpan pesona alam indah air terjun alami diberi nama ‘Air Terjun Baturiti’ berlokasi di desa Catur Karya Kecamatan Balinggi yang masih ‘perawan’.

Pengakuan warga desa Baturiti I Ketut Mardika mengisahkan, air terjun baturiti mirip dengan air terjun yang ada di wilayah Tentena Kabupaten Poso. Sisi positifnya bahwa lokasi tersebut berada di wilayah perkampungan masyarakat Transmigrasi asal Bali.

“Setiap hari libur banyak warga lokal mendatangi Obyek Wisata Alam Air Terjun Baturiti, Desa Catur Karya, Kecamatan Balinggi, Kabupaten Parigi Moutong. Suasananya sangat romantis, sejuk tanpa ada rekayasa tangan manusia dan mirip dengan air terjun Salopa di Tentena” urainya.

Untuk memperkenalkan wisata alam air terjun tersebut kepada masyarakat, memang masih dibutuhkan pola pikir yang sangat progresif, terutama untuk tehnik pengelolaan keindahan jalur wisata menuju kelokasi air terjun agar bisa ditata dengan baik, ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Parimo ini menilai bahwa dengan hadirnya objek wisata air terjun di Kecamatan Balinggi adalah sebuah anugrah Tuhan. Namun untuk mengelolanya dibutuhkan adanya kerjasama yang terukur demi untuk peningkatan pendapatan asli daerah, jujurnya.

Lantas, apa kata LSM di Parimo ketika gambar objek wisata air terjun Baturiti mulai dikenal masyarakat lokal !!! Menurut Ketua Laskar Merah Putih (LMP) Parimo, Risman mengatakan bahwa objek wisata alam ‘air terjun Baturiti’ yang ada di Kecamatan Balinggi sangat indah.

“Kami akui objek wisata itu alamnya sangat indah tanpa ada rekayasa tangan manusia. Paling tidak lokasi objek wisata tersebut harus diperkuat oleh Dinas terkait, terutama adanya perhatian Pemda setempat” jelasnya.

Risman sangat berharap kiranya warga yang berada dilokasi objek wisata air terjun baturiti bisa menjaga panorama alamnya, terutama perhatian dari pemerintah desa setempat, sehingga objek wisatanya menjadi viral di medsos.

Apa lagi dilokasi tempat wisata banyak perkebunan warga yang dikelilingi oleh pohon durian Montong yang berkelas serta pohon rambutan jenis Binjai, “Kami menanti tangan dinginnya pemerintah setempat demi untuk meningkatkan PAD daerah ini” harap Ketua LMP ini.

Ditulis oleh Sumardin Husain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here