Pilkades Serentak Gelombang Ke – III Segera Dilaksanakan…! Ini Kata Bupati

0
414
Bupati Pohuwato H Syarif Mbuinga S.Pd.I SE MM (Foto : Ist)

POHUWATO – matarakyatindo.com – Bertempat di Aula Gedung Inspektorat Daerah (ITDA) Pohuwato provinsi Gorontalo, Kamis sore (10/10/2019) telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Pemantapan Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang Ke-III tingkat Kabupaten.

Hasil Rapat tersebut telah melahirkan kesepakatan bersama bahwa Panitia Kabupaten dan juga Panitia Desa dapat menjalankan aturan sesuai dengan tahapan yang ada.

Nampak hadir orang nomor satu di wilayah paling ujung provinsi Gorontalo yaitu Bupati Pohuwato H Syarif Mbuinga S.Pd.I SE MM , Kapolres Pohuwato AKBP Agus Widodo SIK MH, Dandim 1313 Pohuwato Letkol Arm Iron Prasetyo S.Sos M.Tr, Kepala Dinas PMD Tasrief Haras, Kepala Inspektorat Daerah, Panitia Kabupaten, Camat Se-Kabupaten Pohuwato, Dan Ramil Se-Kabupaten Pohuwato, Kapolsek Paguat, dan juga seluruh Panitia Pilkades tingkat Kabupaten Pohuwato.

Saat memimpin rapat, Bupati Syarif Mbuinga S.Pd.I SE MM mengatakan, saat pelaksanaan pendaftaran berkas bakal Calon Kepala Desa (Calkades) yang sudah berakhir pada tanggal yang sudah ditentukan.

“Panitia Pilkades itu bukan robot, karena mulai tanggal satu hingga tanggal 7 itu harus selesai, jangan ada tafsir lain disitu,” Ujar Bupati.

Atas dasar penerimaan berkas yang sudah masuk di tingkat panitia, dianggap sudah terlengkapi oleh calon kades, dan kiranya tidak lagi menerima perbaikan ataupun perlengkapan berkas bakal calon yang sudah melewati batas pendaftaran tersebut.

“Sekali lagi disampaikan, tidak ada lagi perbaikan berkas setelah tanggal 7 untuk perbaikan kelengkapannya,” terangnya.

Sementara Kadis PMD Tasrief Haras mengatakan, pihaknya akan melakukan kroscek secara berkala sekaligus akan memback up panitia ditingkat Desa.

“Panitia Pilkades diharapkan bisa menjalankan aturan yang ada, dan kami siap mendukung dan membela panitia yang ada, selama Panitia berada di aturan yang benar,” Tuturnya.

Jika terdapat gugatan dikemudian hari pasca pilkades sambung Kadis PMD, pihaknya tetap akan melayani dan memberikan penjelasan kepada pihak yang melakukan gugatan dimaksud.

“Ketika ada pihak-pihak yang merasa keberataan, kiranya panitia dapat mengarahkan mereka untuk melakukan gugatan kepada pantia Pengawas Tingkat Kabupaten,” Lanjut Tasrief Haras.

Senada dengan itu, Kapolres Pohuwato Agus Widodo SIK MH akan memerintahkan kepada seluruh jajaran Polsek terdekat untuk kiranya dapat menjaga kenyamanan dan keamanan panitia di tingkat Desa.

“Saya perintahkan kepada seluruh Polsek yang dalam wilayah pemilihan Kepala Desa, kiranya bisa menjaga keamanan daripada panitia,” terangnya.

Reporter : Ramlan Tangahu

Editor : Sumardin || P’De

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here