PKM Parigi Barat Sosialisasi Pentingnya Kesehatan Gigi Anak Usia Dini

0
395

PARIMO || matarakyatindo.com Pentingnya menyikat gigi dua kali sehari dam cara cuci tangan pakai sabun sudah sering digalakkan Sejak pada anak usia dini, Namun sering menyikat gigi saja ternyata anak usia dini tidak cukup jika cara menyikatnya salah. Pentingnya membersihkan gigi dan mulut sejak dini guna melindungi Gigi dari kuman dan bakteri yang menggerogoti gigi menjadi Gigi berlubang.

Sosialisasi kampanye cara sikat gigi dan enam langkah cuci tangan pakai sabun yang benar pada anak usia dini di laksanakan pada anak paud, TK dan SD, di kecamatan Parigi barat oleh PKM Parigi barat, mengapa pentingnya kita perkenalkan sejak dini cara menyikat Gigi dan cuci tangan sejak dini, sebab pada usia dini rawan terjadinya Gigi berlubang yang di akibatkan oleh sisa makanan yang terselip di sela gigi dan gusi.

Kata Dokter spesialis gigi, Drg Made priyadi, menjelaskan cara sikat gigi yang baik dan benar dimulai dari gusi lalu ke gigi, bagian gigi depan sudah disikat dengan bersih. “Kata dia, Kemudian bagian dalam disikat membentuk lingkaran. Lakukan secara perlahan agar gusi tidak berdarah, Selanjutnya sikat bagian dalam, dengan gerakan dari gusi ke gigi, paling sering terabaikan padahal sisa makanan bisa menyelip di bagian dalam gigi.ujarnya.

Di tambahkannya, sikat bagian gigi yang berfungsi untuk menggigit. jika sudah mencakup keseluruhan gigi, dibilas mulut dengan kumur-kumur menggunakan air, Pastikan agar pasta gigi tidak tertinggal di dalam mulut. mengapa gigi harus disikat setelah makan dan malam hari, “Made Priyadi, mengatakan bahwa setelah makan sisa makanan akan menempel dan mengundang kuman untuk menggerogoti gigi. tutur dia.

“Di tambahkan nya, Begitu juga dengan malam hari, kalau tidak sikat gigi maka kuman akan memicu gigi menjadi bolong dan akan timbul rasa sakit jika dibiarkan, kesehatan gigi dan mulut memang harus digalakkan mengingat edukasi yang ditanamkan sejak dini akan lebih diingat oleh anak-anak hingga dewasa. Ucapnya.

“Sementara itu kapus PKM parigi barat idham panggagau, SKM menjelaskan Kesehatan’ gigi adalah bagian dari tubuh. Kalau di dalam tubuh kita ada yang tidak sehat, akan mengganggu aktivitas hal ini terutama jika terjadi pada anak usia dini,

kata idham Produktivitas mereka akan terganggu Karena itu, sosialisasi ini sangat penting, pentingnya menjaga kesehatan gigi bersama 60 anak PAUD, TK dan SD. Kegiatan ini juga di laksanakan setiap tahun. Idham juga berharap dengan adanya kegiatan ini anak anak usia dini bisa menerapkan di rumah setelah mengikuti arahan dari dokter Gigi. Tutupnya.

Reporter : Deni Renaldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here