Polsek Batui Sidangkan Pelaku Produksi Cap Tikus

0
113

BANGGAI | matarakyatindo.com – Komitmen Kapolsek Batui Iptu IK Yoga Widata SH, untuk memberikan efek jera kepada pelaku yang memproduksi dan menjual minuman keras kembali dibuktikan.

Awin Sitoki alias Awin (28) warga Desa Paisubololi, Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai, harus menjalani sidang di Pengadilan Negeri Luwuk, Rabu (26/2) karena telah memproduksi dan menjual minuman beralkohol tradisional jenis cap Tikus.

Sidang yang dipimpin Hakim Sayuti SH, itu memutuskan Awin Sitoki bersalah dengan hasil putusan 15 hari kurungan penjara dan denda sebanyak Rp 10 Juta.

“Namun terdakwa menjalani putusan 15 hari kurungan penjara,” kata Kapolres Banggai AKBP Budi Priyanto SIK, M.Si, melalui, Kapolsek Batui.

Sebelumnya, Jajaran Polsek Batui membongkar satu pabrik penyulingan minuman keras jenis Cap Tikus di perkebunan warga, Desa Sinorang, Kecamatan Batui Selatan, Sabtu (25/1).

Dalam razia yang Iptu Yoga, tersebut menemukan sejumlah barang bukti berupa miras cap tikus sebanyak 50 Liter di dalam dua Jeriken ukuran 25 liter, satu Buah drum besi yang digunakan untuk alat masak. Delapan batang pipa stainless steel, dua buah drum plastik yang digunakan untuk penampungan bahan baku, delapan jeriken koson isi 25 liter, 10 jeriken kosong isi 5 liter dan satu lembar terpal.

“Tapi barang bukti yang kami amankan di Mapolsek hanya cap tikus, drum besi sebagai tungku, tempat bahan baku saguer dan batang pipa stenlis,” kata Kapolsek.

Iptu Yoga mengatakan, lokasi penyulingan yang dimusnakan merupakan milik Awin Sitoki (28), warga Desa Paisubuloli, yang dirazia pada Jumat malam (24/1/2020) sekitar pukul 21.30 Wita.

Reporter : Ramli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here