Polsek Tomini Polres Parimo Gelar Operasi Aman Nusa II Penerapan Prokes Covid-19 di Pasar Sentral Kotaraya

0
208

Parimo || matarakyatindo.com Kepolisian Sektor (Polsek) Tomini Polres Parigi Moutong dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam beberapa hari terakhir ini, terus bersinergi dalam menggelar kegiatan Operasi Aman Nusa II dalam rangka mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Kali ini, Tim Operasi Aman Nusa II melaksanakan operasi di Pasar Sentral Kotaraya Desa Kotaraya Selatan Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong, Senin (01/02/2021) dipimpin oleh, Kapolsek Tomini IPTU Warjudi, di dampingi oleh Sekcam Mepanga Moko Aryanto, SH, Kepala Puskesmas Mepanga Artini S.Tr. Keb, Ka Pos Pol Mepanga AIPTU Eko Maryanto, Dan Pos Koramil Mepanga SERTU Yoksan, Anggota Polsek Tomini sebanyak 8 orang, Babinsa 10 orang, Tim Kesehatan PKM Mepanga 4 orang, dan satgas desa Kotaraya Barat dan Kotaraya Selatan.

Dalam operasi di Pasar Sentral Kotaraya itu, tim pencegahan Covid-19 temukan masyarakat dan sebagian pengendara sudah tertib memakai masker dan masih ada yang mengabaikan/tidak melaksanakan Protokol Kesehatan tentang pengunaan Masker.

Selain itu, TNI/ Polri juga menertibkan dan memakaikan masker non-medis kepada warga masyarakat yang tidak memakai masker, sekaligus mengimbau masyarakat untuk mematuhi 3 M saat berada di ruang publik yakni dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Sejumlah masyarakat dan pengendara yang kedapatan tidak memakai masker itu, langsung didata dan diberi teguran serta sanksi sosial saat itu juga oleh Tim operasi.

Kapolsek Tomini, IPTU Warjudi melalui Kapospol Mepanga AIPTU Eko Maryanto mengatakan, kegiatan tersebut digelar bertujuan agar masyarakat lebih patuh menjalankan imbauan pemerintah dan protokol kesehatan, dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19. Selain itu, kita juga mensosialisasikan Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

“Kegiatan tadi sifatnya imbauan dimana masyarakat kita ingatkan agar selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan tadi Kita juga membagikan masker kepada masyarakat yang tidak kenakan masker, baik yang sedang beraktivitas di pasar maupun ke pengendara,” kata Kapospol Mepanga AIPTU Eko Maryanto kepada media matarakyatindo.com

Selain itu, kita juga ingatkan ke masyarakat supaya selama beraktivitas di pasar, harus menjaga jarak fisik (physical distancing). Kalau sudah selesai berbelanja, Kita imbau untuk langsung pulang kerumah dan tidak boleh lagi ngumpul-ngumpul di seputaran pasar,” lanjutnya.

AIPTU Eko Maryanto menambahkan bahwa, dalam Operasi Aman II Nusa tadi, Tim sinergi antara TNI/Polri berhasil menertibkan beberapa orang warga yang kedapatan tidak memakai masker saat beraktifitas di Pasar Sentral Kotaraya

 

“Bagi warga yang melanggar prokes, Tim operasi memberikan sanksi sosial, serta memberinya masker dan tidak mengulanginya lagi kedepan. Kemudian, bagi kalangan anak usia sekolah yang juga kedapatan tidak pakai masker juga diberikan sanksi sosial berupa menyanyikan lagu Indoneaia Raya, serta membacakan Teks Pancasila,” katanya.

Dijelaskannya, operasi Aman Nusa II ini dilaksanakan selama 57 hari, mulai dari tanggal 03 Januari hingga 28 Februari 2021 mendatang. Operasi Aman Nusa II dilaksanakan di seluruh daerah hukum Polsek Tomini Polres Parigi Moutong.

Menurutnya, selama Operasi Aman Nusa II ini, TNI/Polri sudah melakukan segala upaya untuk memutus mata rantai Covid-19. Cara tersebut dilakukan mulai dari pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Termasuk mensosialisasikan kegiatan vaksinasi covid-19 yang akan digelar di daerah itu nantinya.

“TNI/Polri rutin menggelar operasi penertiban dan pendisiplinan Protokol Kesehatan dalam rangka Operasi Aman Nusa II tahun 2021 di seluruh daerah hukum Polsek Tomini Polres Parigi Moutong,” bebernya.

Kata Eko lagi, upaya penertiban ini dilaksanakan TNI/Polri dalam rangka memanimalisir dampak penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) terhadap warga masyarakat yang sedang beraktifitas diluar rumah.

“Untuk itu, TNI/Polri menghimbau kepada masyarakat, pelajar dan pengemudi kendaraan roda dua dan empat untuk tetap menjaga kesehatan dengan melaksanakan Protokol Kesehatan sebagaimana ditetapkan Pemerintah yaitu wajib menggunakan masker, rutin mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” pintanya.

Reporter : TIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here