Rapat penangnan Covid-19 dengan Swasta inilah yang disampaikan Kapolda Sulteng

0
67

PALU | matarakyatindo.com – Pemerintah daerah Sulawesi Tengah terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus corona (covid-19) dengan menggugah keikut sertaan seluruh elemen masyarakat dalam hal ini pihak swasta.

Hari ini Jumat (3/4/2020) Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mengundang pihak swasta untuk duduk bersama guna mengetahui bantuan apa yang dapat diberikan dalam menangani penyebaran virus covid-19 ini.

Harapan yang dapat diberikan pihak swasta adalah berupa Alat Pelindung Diri (ADP) dan peralatan lain sebagaimana daftar yang sudah disiapkan atau berupa natura bukan berupa uang sebagaimana dijelaskan oleh Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Longki Djanggola saat memimpin rapat yang juga didampingi Kapolda Sulteng Irjen Polisi Drs. Syafril Nursal, SH, MH dan Danren 132 Tadulako Kolonel Infantri Agus Sasmita, S.IP di Ruang rapat Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Irjen Polisi Syafril Nursal dihadapan pihak swasta di Sulawesi Tengah mengatakan bahwa penanganan virus corona (covid-19) ini bukan menjadi tanggung jawab pemerintah saja tetapi menuntut peran serta swasta

Sebagaimana kita pahami bahwa penanggulangan covid-19 itu ada dua pekerjaan pokok yang kita lakukan, yaitu pertama penanganan terhadap orang yang dikatakan ODP, PDP dan ditambah lagi ada OTG (orang tanpa gejala) inilah yang lebih berbahaya,
Penanganan ODP, PDP maupun OTG ini merupakan ranahnya tim medis bagaimana menanganinya,

Tetapi ada peran yang dapat swasta lakukan agar dapat mendukung Rumah Sakit atau tim medis agar dapat bekerja dengan baik, seperti contoh RS Bhayangkara Palu itu mempunyai kekurangan sarana prasarana utamanya APD ( Alat Pelindung Diri) yang disertai kelengkapan-kelengkapan lain yang saat ini sulit sekali didapat, ini merupakan bagian penting bagi petugas-petugas kita untuk menghadapi orang-orang yang dikatakan ODP, PDP maupun OTG.

Kedua kegiatan pencegahan yang mengharapkan adanya gotong royong semua pihak untuk terlibat dalam melakukan pencegahan serta peran serta masyarakat secara luas untuk menanganinya,” tutup Syafril.

Sumber : Bidhumas Polda Sulteng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here