Ratusan Pelajar SD Se – Kota Parigi mengikuti Kegiatan Edukasi Apoteker

0
374

PARIMO – matarakyatindo.com – Hari Apoteker Sedunia yang terjadwal setiap tanggal 25 September, hari ini kembali diperingati di Parimo melibatkan ratusan siswa-siswi SD se – Kota Parigi melalui kegiatan Edukasi Apoteker, bertempatdi Aula Rumah Sakit Anuntaloko Parigi, Sabtu (12/10/19).

Sekretaris Pengurus Cabang Ikatan Apoteker (PC IAI) Kabupaten, Asmarafia SSi Apt mengatakan, kegiatan pemberian Edukasi Apoteker kepada seratusan siswa SD bertepatan dengan Hari Apoteker se-dunia yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia oleh Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia, Pengurus Daerah dan Pengurus Cabang untuk pemecahan Rekor Muri.

“Kegiatan ini dilksanakan serentak di semua Kabupaten/Kota se- Indonesia untuk pemecahan Rekor Muri,”tuturnya.

Kata Asmarafia, kegiatan Edukasi Apoteker DI Kabupaten Parigi Moutong disiarkan secara langsung melalui live streaming melalui Face Book, Twitter dan Instagram dari akun resmi PC IAI Parigi Moutong pciai_parimo.

“Kegiatan Hari Apoteker Sedunia di Parigi Moutong sebelumya telah diawali senam bersama di lapangan Toraranga tanggal 29 September 2019,”tuturnya.

Mewakili Bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan dr Agus Suryono Hadi sangat mengapresiasi kepada pengurus Ikatan Apoteker Indonesia Parigi Moutong yang telah memberikan kontribusi terhadap daerah dalam upaya pemberian obat yang sesuai dengan mekanisme Apoteker.

“Bersama Apoteker mengenali obat sejak dini” ujarnya.

Menurutnya, obat merupakan komponen penting yang tidak tergantikan dalam pelayanan kesehatan. Obat menjadi sarana atau komoditi kesehtaan yang dapat memberikan manfaat apabila digunakan dengan baik, benar dan tepat. Namun dapat menjadi racun bagi manusia apabila kurangnya pengetahuan dan kesadaran menggunakan obat.

Kata Agus dewasa ini pelajar merupakan salah satu pengguna tertinggi dalam hal penyelahgunaan obat terlarang. Olehnya gerakan baru untuk membangun pengetahuan dan minset sadar obat kepada masyarakat harus dimulai sejak dini kepada pelajar, karena pelajar merupakan Asset generasi penerus bangsa yang sangat membutuhkan pendidikan yang layak.

“Berkaitan Hari Apoteker sedunia tahun 2019, saya mengajak Apoteker untuk menggunakan hari special ini untuk mengatur kegiatan yang mempromosikan dan mengadvokasi peran apoteker dalam meningkatkan kesehatan, khususnya bagi pasien dan para pelajar,” Ujarnya.

Penulis : Rislan Kominfo

Editor : Sumardin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here