Rumah Warga di Kelurahan Bantaya ‘Kampung Bajo’ Terendam Air Pagi Ini

0
114

PARIMO | matarakyatindo.com – Setelah guyuran hujan tak henti mulai tadi malam, 95 persen rumah warga di Kampung Bajo Kelurahan Bantaya – Kota Parigi terendam air hingga lutut orang dewasa.

Terpantau media ini, banyak elektronik warga yang belum sempat diselamatkan saat air mulai merengsek kedalam rumah warga akhirnya terendam. Sedangkan warga nelayan yang bermukim ditepi pantai masih waspada.

Pempi salah seorang warga kampung bajo sejak semalam terus mengingatkan kepada kerabat diwilayahnya untuk tetap berjaga-jaga karena hujan terus mengguyur Kota Parigi. Beruntung tidak ada rumah yang rusak, ujarnya pagi ini Selasa (14/7/2020) kepada matarakyatindo.com.

Pempi adik dari mantan anggota DPRD H. Usman Yamin ini menambahkan, terendamnya rumah warga kampung bajo akibat drainase dihilir tidak bisa mengeluarkan air dengan cepat karena dibagian pinggirnya di pasang bronjong penahan ombak.

Namun kata Pempi, berkat inisiatif warga, akhirnya bronjong tersebut dirobohkan untuk memberi ruang aliran air menuju kepantai.

“Jika air laut pasang (naik) tadi malam, kemungkinan kita akan kena banjir rob. Untung saja posisi air laut masih dalam tahapan normal, sehingga debit air hujan yang menggenangi rumah warga cepat menurun” ujarnya.

Pempi sangat berharap adanya perhatian Dinas terkait untuk solusinya. Persoalannya, karena Kelurahan Bantaya berada dalam Kota, tutupnya.

Penulis : Sumardin (Pde)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here