Rustam Akili Soroti Pemilihan Rektor di UNG, Ini Alasannya !!

0
241

Gorontalo, Matarakyatindo.com Pemilihan Rektor di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang baru saja selesai, mendapat sorotan dari Rustam Akili selaku Ketua Aliansi Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta.

Pasalnya, Ia menilai bahwa Pemilihan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) justru lebih Demokratis ketimbang pemilihan Rektor.

“Mahasiswa aja demokratis, seharusnya kita berguru pada mahasiswa dong. Kan tidak ada suara PR (Red: Pembantu Rektor) tiga, tidak ada suara rektor toh untuk mengatur siapa jadi BEM, Siapa yang jadi Senat. Bergurulah sama mahasiswa kalau berdemokrasi”, ucap Rustam Akili saat ditemui di Mapolda Gorontalo. Selasa, (17/9/19).

Rustam juga menambahkan, untuk pemilihan rektor, seharusnya juga berguru pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

“Masa demokrasi dikendalikan seperti ini. Lebih baik supaya tidak ricuh, sudah, siapa saja yang dianggap berprestasi yang punya integritek. Kan pertarungan kampus punya integritasnya, akuntabelnya, tunjuk saja menggunakan kewenangan pemilih, itu lebih baik”, tegasnya.

Lanjutnya, meski kita sudah bekerja, berkomunikasi, namun Itulah resiko perjuangan. Sudah terpilih dengan suara terbanyak tapi akhirnya bukan jaminan.

“Maka kita juga harus hormati ada tiga yang di usulkan itu, tentunya saya fikir sudah tiga orang ini adalah orang yang menurut senat itu sudah orang terbaik” pintanya.

Rustam juga menilai, menteri tidak bijak jika suara menteri digelondongkan. Meskipun, dirinya juga mengakui bahwa semua hasil keputusan itu adalah takdir.

“Tapi saya fikir, peraturan menterinya yang 30% itu yang kita harus uji. Tapi, itu tergantung peraturan kampus masing-masing aja. Cuma bagi saya, insyaAllah keterpilihan saudara Dr. Eduart Wolok menjadi perekat”, tutupnya.

Reporter : Hamdi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here