Satu-satunya di Sulteng, Kab. Banggai Raih Penghargaan SAKIP A 2019 dari Kemenpan-RB

0
249

Jogjakarta – matarakyatindo.com Pemkab Banggai meraih prestasi mencengangkan yakni nilai A dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Banggai adalah kabupaten satu-satunya di Sulawesi Tengah bahkan di Indonesia Timur yang meraih SAKIP A.

“Alhamdulillah, Banggai mendapat SAKIP A. Tentu ini bukan nilainya yang penting, tapi spirit perbaikan layanannya karena SAKIP itu evaluasinya ketat dengan berbagai indikator,” ujar Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM seusai menerima penilaian tersebut dari Menteri PAN-RB  Tjahjo Kumolo, di Tetrem Ballrom, Hotel Tetrem Yogyakarta, Senin 24 Februari 2020.

Penghargaan SAKIP tersebut diberikan kepada kabupaten/kota, termasuk  daerah satu-satunya di Provinsi Sulawesi Tengah yaitu Kabupaten Banggai.

Ada 190 pemda wilayah III diberikan hasil evaluasinya serta rekomendasi perbaikan yang harus dilakukan di tahun selanjutnya. Rekomendasi tersebut ditujukan agar setiap pemerintah daerah mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran.

“Evaluasi akuntabilitas kinerja berfungsi untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program, termasuk metode yang digunakan, penggunaan sarana dan pencapaian tujuan,” kata Tjahjo Kumolo.

Menurutnya, melalui SAKIP, instansi pemerintah harus fokus pada pencapaian prioritas pembangunan nasional melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, dan efisien.

“Serta monitoring dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala,” ujar mantan Mendagri RI tersebut.

Diketahui, hasil evaluasi SAKIP 2019 untuk kabupaten/kota, rata-rata nilai meningkat dari 56,53 di tahun 2018, menjadi 58,97 di tahun 2019. Sedangkan untuk tingkat provinsi, nilainya rata-ratanya meningkat dari 67,28 di tahun 2018 menjadi 69,63 di tahun 2019.

Sementara itu, Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM yang di damping wakil bupati Drs. H. Mustar Labolo dan Ketua DPRD Kabupaten Banggai Suprapto, SH mengungkapkan keberhasilan Kabupaten Banggai dalam memperoleh nilai A untuk SAKIP tahun 2020 merupakan hasil kolaborasi banyak elemen.

“Dalam beberapa tahun ini kita jalin kolaborasi antarorganisasi perangkat daerah. Ego dinas dihapus, ego sektoral dienyahkan. Yang ada adalah ego daerah, yaitu bagaimana membuat Kabupaten Banggai tambah maju,” ujarnya.

Herwin menambahkan, dalam SAKIP, yang jadi fokus adalah target kinerja, bukan siapa dinas pelaksananya.

“Karena satu target itu dikeroyok banyak pelaksana, banyak dinas, banyak badan,” ujar Ir. H. Herwin Yatim, MM Bupati Banggai

Reporter : TIM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here