Sausu Raih Juara I, Lomba Cipta Menu PMT Balita Dan PMT Bumil Parigi Juara 1

0
60

PARIMO | matarakyatindo.com – Masih rangkaian hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, Tim penggerak PKK Kabupaten Parigi Moutong menggelar lomba Kuliner Nusantara dan Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong menggelar lomba Cipta Menu Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Balita dan PMT Ibu Hamil (Bumil) bertempat di pantai Lolaro Tinombo, Sabtu (30/10/21).

Lomba kuliner dan lomba cipta menu itu dinilai oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Parigi Moutong Dra Hj Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu, para pakar tata boga dan juga penilai dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Parigi Moutong.

Kegiatan lomba tersebut diikuti oleh ibu ibu PKK di 22 Kecamatan se Kabupaten Parigi Moutong, dan satu Kecamatan tidak berpartisipasi yaitu Kecamatan Tinombo Selatan.

Pada lomba Kuliner Nusantara yang meraih terbaik adalah :

1. Juara I dengan jumlah nilai 269,45 diraih oleh Kecamatan Sausu.

2. Juara II dengan jumlah nilai 268,70 diraih oleh Kecamatan Mepanga

3. Juara III dengan jumlah nilai 262,50 diraih oleh Kecamatan Toribulu

4. Juara IV dengan jumlah nilai 259,15 diraih oleh Kecamatan Parigi Tengah.

5. Juara V dengan jumlah nilai 255,95 diraih oleh Kecamatan Taopa

6. Juara VI jumlah nilai 255,65 diraih oleh Kecamatan Parigi Tengah.

Pada lomba Cipta Menu PMT Balita dan PMT Ibu Hamil meraih terbaik adalah :

1. Juara I dengan jumlah nilai 685 diraih oleh Kecamatan Parigi

2. Juara II jumlah nilai 670 diraih oleh Kecamatan Bolano

3. Juara III dengan jumlah nilai 665 diraih oleh Kecamatan Ongka Malino

4. Juara IV dengan jumlah nilai 660 diraih oleh Kecamatan Parigi Selatan

5. Juara V dengan jumlah nilai 650 diraih oleh Kecamatan Mepanga

6. Juara VI dengan jumlah nilai 645 diraih oleh Kecamatan Taopa

Ketua TP- PKK Kabupaten Parigi Moutong Noor Wachida menyambut baik serta mengapresiasi terhadap apa yang dilakukan oleh kader kader PKK Kecamatan dan Kelurahan yang telah memamerkan Beragam kuliner Nusantara seperti kuliner khas Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Aceh, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan dan lain lain. Kesemuanya itu kata Noor Wachida mampu di hidangkan oleh ibu ibu tim penggerak PKK Kecamatan.

“Dari 23 Kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong, Kecamatan Tinombo Selatan yang tidak ikut, sehingga hanya 22 Kecamatan yang ikut lomba Kuliner Nusantara, dengan menyajikan makanan dan minuman serta memberikan nuansa khas daerah masing masing, dan ini Terus kita jaga, kita lestarikan demi anak cucu kita dan demi kemajuan budaya Indonesia,”Imbaunya.

Kata Noor Wachida, dewan juri melakukan penilaian secara objektif dengan mempertimbangkan segala sesuatunya baik dari segi tampilan menu, penyajian menu, Ketahanan menu, kelezatan menu dan lain sebagainya.

Usai dilakukan penilaian, Bupati H Samsurizal Tombolotutu dan Asisten Deputi (Asdep) bidang Kewirausahaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Drs Imam Gunawan MAP dan sejumlah Pejabat lainnya mengunjungi Kuliner Nusantara yang disajikan masing masing Kecamatan serta mencicipi Kuliner tersebut.

Bupati selanjutnya menyerahkan hadiah dan piagam serta bonus pembinaan kepada Kecamatan yang meraih terbaik di lomba Kuliner Nusantara dan lomba Cipta Menu.

DISKOMINFO PARIGI MOUTONG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here