‘Sejukan’ Perkelahian Antar Siswa, Kapolres Parimo Sowan di SMAN 1 Bolano Lambunu

0
644

PARIMO – matarakyatindo.com – Pasca pertikaian pelajar di wilayah Kecamatan Bolano Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah sepekan lalu, suasana kedua Sekolah mulai ‘sejuk’ oleh karena telah dilakukan mediasi secara kekeluargaan antara kedua belah pihak.

Proses damai ini dikabarkan telah pulih hingga 95 persen. Ini terungkap berdasarkan pernyataan salah satu orang tua siswa SMAN 1 Bolano bernama Bombo (52) kepada matarakyatindo.com.

“Proses damai kami telah di pelopori oleh
Kapolres Parimo AKBP Zulham Efendi SIk. Beliau sekitar pukul 07.45 wita melaksanakan silaturahmi di SMAN 1 Bolano Lambunu sekitar pukul 07.45 Wita” terang orang tua siswa ini.

Pantauan media ini, dari hasil pertemuan tersebut, Kapolres memberikan arahan kepada para siswa – siswa selain memperkenalkan diri, sekaligus ucapan turut berduka cita terhadap siswa SMAN 1 Bolano Lambunu almarhum MOH. FAHRIL yang meninggal pada saat terjadinya perkelahian dengan pelajar SMAN 1 Bolano.

Dalam pandangannya, Kapolres menjelaskan terkait awal kejadian pertikaian pelajar hingga merenggut ‘nyawa’ satu orang.

“Kejadian kerusuhan sebagian besar dominan disebabkan karena pemuda yang mabuk dan terjadi perkelahian dan dibesarkan dengan penyebaran berita hoax. Kami mengajak seluruh siswa agar jangan mudah terprofokasi oleh berita – berita hoax dan unggahan medsos yang bermuatan ujaran kebencian” kata Kapolres.

Jika para pemuda dan pemudi bisa diadu domba, maka inilah awal kehancuran negara. Dan apa yang telah terjadi kemarin biarlah berlalu dan jangan sampai lagi ada dendam, harap Zulham Efendi.

Informasi terabdet saat ini, rencananya Kapolres Parimo akan melaksanakan kegiatan Outbound yang nantinya akan diikuti oleh SMA N 1 Bolano Lambunu & SMAN 1 Bolano dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar kedua sekolah tersebut.

Reporter : Yunus

Editor : Sumardin || P’de

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here