Sejumlah Saksi Dugaan Korupsi Pembangunan Paud Desa Malalan Diperiksa PN Tipikor Palu

0
575

PALU | matarakyatindo.com – Pengadilan Negeri (PN) Palu, kembali menggelar sidang Lanjutan yang ketiga kali di lakukan secara online, terkait tindak pidana korupsi (Tipikor) Pembangunan Gedung PAUD  Desa Malalan, Kecamatan Mepanga, Kabupaten Parigi Moutong Tahun Anggaran (TA) 2019.

Sidang bertempat di kantor Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Palu di ruangan sidang Chakra (Tipikor), Kamis (25/11/2021).

Dalam agenda gelar sidang tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) di antaranya, Fauzipaksi, Muhtar Efendi dengan Ketua Majelis Hakim dipimpin oleh Bapak Chairul Anwar, SH., M.Hum.

Sidang yang dilaksanakan untuk menghadirkan 2 (dua) orang saksi yakni, Sdr. Adnan & Sdr. Aswin, Kacabjari Tinombo, Fauzipaksi, SH kepada matarakyatindo.com Kamis (24 /11/2021) menuturkan, dalam agenda persidangan perkara ini sudah termasuk agenda sidang pembuktian dan pemeriksaan saksi ke-2 yang di hadirkan oleh jaksa Penuntut Umum.

Dimana sebelumnya pada hari Selasa tanggal 23/11/2021 ada 5 (lima) orang saksi juga dihadirkan oleh Penuntut Umum yakni sdr. Fit Dewana, sdr. Muh. Sakti, sdr. Sodik Hamzah, sdr. Indragandi & sdri, liana, Ujar fauzi.

Fauzi mengatakan bahwa agenda persidangan ini total saksi yang telah dihadirkan di persidangan, sebanyak 7 (tujuh) orang saksi dan agenda sidang berikutnya, akan dilaksanakan pada 2 (dua) pekan depan yakni pada tgl 13 & 15 Desember 2021 mendatang dengan tetap menghadirkan Saksi oleh Penuntut Umum,” tambahnya.

Sementara itu, dalam persidangan pihak para Terdakwa menghadirkan kuasa hukum dari kantor/firma Yayasan Pengkajian, Konsultan dan Bantuan Hukum Unismuh (Palu), yang diketuai oleh  Dr. Osgar S. Matompo, SH., MH. beserta Tim Penasihat Hukum lainnya.

Diketahui bahwa dalam perkara tindak pidana korupsi (Tipikor) pembangunan Gedung PAUD Desa Malalan TA 2019 ini telah menyeret kades malalan Arsin B  Asman B Ketua TPK Desa Malalan adik dari kades sebagai Terdakwa yang diduga telah merugikan Keuangan Negara senilai Rp98,5 juta berdasarkan hasil penghitungan Inspektorat Daerah Kab. Parigi Moutong, pungkasnya.

Wartawan : Deni Renaldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here