Sekda Parimo Hadiri Festival Budaya Spirit Of Molibu di Tojo Una una

0
78
Foto : Frokopim Pemda Parimo

TOUNA, matarakyatindo.com – Mewakili Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah. Sekertaris Daerah (Sekda) hadiri Pembukaan Ceremoni festival Budaya Spirit Of Molibu yang dipusatkan dilapangan Molibu Desa Uwekuli Kabupaten Tojo Una una sabtu (22/10/2022).

Yudiawati V. Windarusliana, SKM. M.Kes selaku Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi Sulteng Mewakili Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah , membuka secara Resmi festival Budaya Spirit Of Molibu tahun 2022.

Dalam Kegiatan tersebut diawali dengan Devile kontingen 9 kabupaten/Kota diantaranya Kab. Parimo, tojo una-una, Toli Toli, Morowali, Morut, Donggala, Sigi, Kota Palu, dan Banggai.

Dalam Sambutan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah,” Yudiawati, menyampaikan Dalam rangka merawat dan melestarikan seni budaya dan kearifan lokal dimasyarakat melalui Pekan Budaya ini juga dilaksanakan sebagai Ajang kelestarian wisata dan kepariwisataan daerah berbasis kearifan lokal yang ada disulawesi tengah.” Ujarnya.

“Yudiawati. Mengatakan pekan budaya ini disamping Sebagai magnet untuk meningkatkan pengunjung wisatawan dari dalam negeri maupun manca negara. Dirinya berharap kegiatan festival budaya ini juga bisa merata dilaksanakan oleh kabupaten lainya di Sulawesi Tengah untuk menjadi trend budaya dimasing masing daerah sebagai identitas daerah. Ungkap Yudiawati.

“Festival Budaya ini adalah salah satu sarana komunikasi penting Sebagai media pelestarian budaya juga sebagai warisan budaya daerah Sulteng yang diakui sampai ditingkat Nasional.” Pesannya.

“Saya Berharap kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan Ceremoni semata akan tetapi bertujuan untuk berkolaborasi bersama menyampaikan pesan pesan moral dengan mengangkat kearifan Lokal budaya daerah serta kehidupan bermasyarakat dan juga Mendorong partisipasi pembangunan didaerah.”tuturnya.

Sambutan selamat datang Bupati Tojo una una mohammad lahay, SE. MM mengatakan mengapresiasi atas kehadiran tamu pejabat di sejumlah daerah baik dalam daerah maupun luar daerah wilayah provinsi Sulteng yang hadiri langsung pada kegiatan Pekan Budaya ini.

“Ia. berharap peserta kontingen yang ada juga bisa menyempatkan waktu untuk menikmati wisata yang ada di Tojo una una.” Kata dia, Melalui kearifan lokal Budaya yang ada di Tojo Una Una dapat mendorong kebudayaan diprovinsi Sulteng dan menjadikan budaya serta kepariwisataan provinsi Sulteng sebagai warisan Nasional.”harapnya.

Disela sela kegiatan, Pemda Parimo. Sekda Zulfinasran juga bersama sejumlah pejabat pemerintah daerah kabupaten lainya mendampingi Yudiawati untuk menyempatkan berkunjung di salah satu stand pameran Pemda Parimo pada Festival Budaya Spirit Of Molibu.

 

Sumber : Frokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here