Sekdes Kayu Jati Dituntut Mundur Melalui Aksi Unjuk Rasa ‘BARAK’ Ongka Malino

0
1475

PARIMO | matarakyatindo.com – Aksi Unjuk rasa dari masyarakat desa Kayu Jati Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong (Sulteng) yang mengatas namakan Barisan Masyarakat Kayu Jati (BARAK) Senin (8/6/2020) sekira pukul 10.30 wita melakukan unjuk rasa hingga viral di Medsos.

Aksi unjuk rasa damai itu tak lain menuntut kepada Pemerintah desa Kayu Jati agar jabatan Sekertaris desanya bernama Nasar Pakaya harus mundur dari jabatannya dengan berbagai alasan.

“Masyarakat desa Kayu Jati sudah muak dengan kinerja Sekdes yang banyak melakukan pelanggaran, salah satunya soal pengelolaan dana BUMDES yang tidak transparan” teriak sang orasi saat berada di depan Kantor desa Kayu Jati.

Dari catatan media ini yang terlampir dari laporan khusus, ternyata sosok Sekdes Kayu Jati bernama Nasar Pakaya tidak disukai oleh warga desanya, sehingga dilakukan aksi unjuk rasa damai ini melalui rute dari rumah Bapak Mu’in dusun IV Desa Kayu Jati kemudian Bergerak ke arah Dusun III Untuk mencari Dukungan dan selanjutnya menuju kantor desa Kayu jati dengan jumlah massa 30 (Tiga Puluh) orang.

Kegiatan unjuk rasa tersebut menggunakan 1 unit mobil Pic up dan 10 (Sepuluh) unit Sepeda motor yang dilengkapi oleh Sound sistim, Selebaran dan Spanduk, dengan penanggung jawab orasi Sugiarto.

Pengunjuk rasa menuntut Sekdes Kayu Jati Nasar Pakaya mundur dari jabatannya
Dengan mengevaluasi soal pengelolaan dana BUMDES desa kayu jati.

Kemudian dugaan adanya pemotongan Dana BLT desa, penertiban hewan ternak, yang banyak berkeliaran Di Desa Kayu Jati.

Memeriksa Dana Desa tahun 2019 tahap 3 (tiga) khusus untuk Pembangunan Sarana air Bersih, mempertanyakan masalah Pembuatan Papan Motto Desa yang dibuat Di Desa Lambunu bukan Di Desa Kayu Jati.

Aksi unjuk rasa kemudian meredah setelah Kades Kayu Jati Anwar. A. Ali menjawabnya yaitu atas dugaan pemotongan dana BLT desa tidak ada karna Uang yang dibagikan Utuh Sejumlah Rp. 600.000 (Enam Ratus Ribu rupiah)

Untuk pergantian Sekdes, disahutinya bahwa yang bersangkutan sebagai Sekdes Kayu Jati bernama Nasar Pakaya akan diberhentikan apa bila kesalahan itu jelas darinya, kata Kades Kayu Jati.

Apa tanggapan Camat Ongka Malino terkait tuntutan pendemo ? Menurut Asmadi, SH selaku Camat menyatakan, terkait dengan pemotongan Dana Desa BLT DD Itu tidak boleh ada pemotongan sedikitpun.

“Saya peringatkan Kepada Kades Kayu Jati agar selalu mengawasi kinerja aparatnya agar tidak ada pemotongan dalam penyaluran Dana Desa BLT DD Di Desa Kayu Jati” tegas Camat.

TIM matarakyatindo.com bersertifikat UKW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here