Sengketa Pilkades Di Parimo 3 Di Tolak 2 Di Kabulkan P2KD Oncone Raya Mundurkan Diri

0
262

PARIMO matarakyatindo.com Tensi tinggi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kab. Parigi Moutong terus terjadi saat moment pemilihan calon kepala desa (Cakades) tak hayal keberatan pun kian terjadi hingga gugatan dari para calon kepala desa itu sendiri.

Tak sampai di situ bahkan persyaratan pendaftaran atau berkas administrasi masih menjadi keberatan dalam Pemilihan Kepala Desa itu sendiri. Berdasarkan fakta di lapangan masih di temukan permasalah pilkades.

Dimana tahun 2022 ini Kab. Parigi Moutong akan menghelat pemilihan kepala desa. 27 juni mendatang. Dimana masih terdapat beberapa desa terjadi gugatan di tingkat Panitia pemilihan kepala desa (P2KD) bahkan hingga pembatalan calon kepala desa, dengan beberapa alasan dan pertimbangan di batalkannya persyaratan dari calon kepala desa itu.

Seperti yang terjadi di pemilihan Kepala Desa Persatuan Sejati KecĀ  Ongka Malino Petahana di batalkan persyaratan Berkas Pencalonannya, yang di sebabkan surat keterangan yang di keluarkan kepala sekolah di tarik kembali dengan alasan nama yang tertera di ijazah berbeda dengan nama di KTP dan KK. Petahana Desa Kotaraya Tenggara, kec. Mepanga, dan Desa Bambalemo.

Ada pun permasalahan tersebut telah di selesaikan di Panitia Pemilihan Kepala Desa Kabupaten, dan hasil sengketa telah di serahkan ke masing masing desa tersebut. Hal itu di sampaikan kepala Bidang Pemerintah Desa Agus salim. Pada saat rapat bersama dengan P2KD yang di gelar di kantor Dinas PMD kamis 2/6/2022.

“Agus salim. menjelasakan bahwa saat ini memang terjadi keberatan para bakal calon kepala desa di tingkat P2KD desa, namun keberatan itu sudah selesai dan P2KD Kab yqng mengambil dengan pengkajiqn terhadapat beberapa persyaratqn para bakal calon kades. Ujarnya

Kata dia saat ini ada 5 desa yang mengajukan keberatannya atas persyaratan pendaftaran pilkades. dari beberapa keberatan itu sudah final ada yang kami tolak dan 2 yang kami terima. Itu berdasarkqn prngkajian di tingkat P2KD Kab. Terang Agus Salim.

Di tambahkannya terkait pengunduran diri panitia pemilihan kepala desa (P2KD) Desa Oncone raya, kami telah mengkomunikasikan dengan BPD untuk segera melakukan penggantian. Sebab tahan pilkades sudah berjalan jadi tidak ada alasan kekosongan P2KD.

Saya berharap kita semua baik P2KD Kab dan P2KD desa kita semua tentunya netral dan independent agar bisa melahirkan calon pemimpin yang bersih dan amanah terhadap tqnggung jawab sebagai kepala desa. Pungkasnya.

 

Deni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here