Sepekan Lagi, Unisa Bersama Pemda Akan Gelar Kemah Riset Se Sulteng

0
204

PARIMO | matarakyatindo.com – Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong dalam waktu dekat tepatnya tanggal 17 sampai dengan tanggal 20 Desember 2020 akan menggelar kegiatan Kemah Riset Perikanan dan Kelautan se- Sulawesi Tengah bertempat di Pantai Mosing Desa Siney Kecamatan Tinombo Selatan.

Kegiatan bertajuk penelitian dasar teknologi di bidang perikanan utamanya pada sektor ril perikanan rakyat seperti penangkapan, budidaya, pengolahan dan pemasaran itu akan menghadirkan peserta SMK Perikanan se Sulawesi Tengah, Madrasah Alkhairaat se Kabupaten Parigi Moutong, SMA se Kabupaten Parigi Moutong, Mahasiswa dan dosen di masing masing Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Parigi Moutong.

“Pak Bupati sangat merespon baik kegiatan ini. Dan kita tetap menjaga protokol kesehatan,”Kata Asisten Administrasi Umum yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Parigi Moutong Arman Maulana SPd MSi saat memimpin rapat bersama jajaran panitia Civitas Akademika Unisa. Bertempat di Pantai Lolaro Tinombo, Senin (7/12/20).

Arman mengatakan, kegiatan tersebut banyak memberikan manfaat utamanya dalam pengembangan sektor perikanan dan kelautan di Kabupaten Parigi Moutong.

Sementara itu Dekan Fakultas Perikanan Unisa Palu Dr Hasan Marjudo MSi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan sebanyak 9 item kegiatan, yaitu kegiatan Riset Perikanan, Trasformasi Teknologi, Pameran Pembangunan, Pasar Rakyat, Bhakti Sosial, Lomba Volly Pantai, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Pemilihan pemuda pemudi Maritim dan pemeriksaan kesehatan gratis.

“Insya Allah kegiatan ini akan memperhatikan Protokol kesehatan, dengan jumlah peserta keseluruhan 640 orang terdiri dari SMK Perikanan Se Sulteng sebanyak 10 SMK dengan jumlah 100 orang, Mahasiswa 80 orang, Madrasah Aliyah Alkhairaat 13 Madrasah 130 orang, SMA se Kabupaten Parigi Moutong 30 SMA sebanyak 300 orang, dan ditambah panitia pelaksana 30 orang,”Imbuhnya.

Hasan menguraikan, untuk kegiatan Kemah Riset persertanya adalah siswa SMK, SMA dan MA. Untuk kegiatan Pameran pesertanya adalah OPD, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan Perguruan Tinggi. Untuk kegiatan Transfer Teknologi pesertanya ibu rumah tangga dan usaha kecil. Kegiatan Pasar Rakyat pesertanya adalah para usaha kecil dan menengah dan usaha kuliner. Bhakti Sosial pesertanya adalah para peserta kemah riset, masyarakat dan OPD. Lomba Volly Pantai pesertanya siswa SMK, SMA dan MA. Lomba Karya Tulis Ilmiah pesertanya siswa SMK, SMA dan MA. Pemilihan Pemuda Pemudi Bahari pesertanya siswa SMK, SMA dan MA dan Pemeriksaan Gratis adalah masyarakat umum.

Sementara itu ketua Panitia Unisa Palu bidang Riset dan Teknologi Jaerahman mengatakan, 9 item kegiatan semuanya di pusatkan di Pantai Mosing Siney.

“Insya Allah semua kegiatan di pusatkan di pantai Mosing. Sangat strategis tempatnya. Sebelumnya kami sudah survei,”Ujarnya.

Rombongan panitia kegiatan Kemah Riset Perikanan dan Kelautan Unisa Palu datang ke Pantai Lolaro Tinombo dipimpin langsung oleh Rektor Unisa Dr Umar Alatas MSi didampingi Wakil Rektor I Dr Fahrudin Yahya MSi, Dekan Fakultas Perikanan Dr Hasan Marjudo Msi dan Ketua Panitia Pelaksana Jaerahman dan diterima oleh Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu.

Usai rapat, jajaran Panitia bersama beberapa OPD langsung melakukan survei lokasi yang kedua kali di Pantai Mosing.

Sumber : DISKOMINFO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here