Siapa Berbohong, Kades Lambanau Atau Kasi PMD Kec. Ongka Malino ?

2
1621
Kades Lambanau, yang caci maki dan mengancam Wartawan media matarakyatindo.com (Foto : Ist)

Parigi Moutong – Matarakyatindo.com Anggaran Dana Desa Lambanau tahun 2018 sudah selesai, namun masyarakat Lambanau masih bertanya-tanya soal Transparansi Pemerintah Desa yang di pimpin oleh Kepala Desa Lambanau, Heri Efendi.

Seorang sumber yang juga merupakan masyarakat Desa Lambanau yang tidak ingin disebutkan namanya ketika dikonfirmasi media matarakyatindo.com mengatakan bahwa Kepala Desa Lambanau terkesan tertutup dalam pembangunan, serta diduga tidak memfugsikan Bendahara Desa.

“Semua Anggaran Desa diduga disimpan oleh Pak Kades, bendahara hanya dimanfaatkan ketika penarikan di bank saja” Ujar Sumber.

“Kepala Desa Lambanau tidak terbuka kepada kamai sebagai masyarakat, padahal sudah jelas diatur dalam UU NO 14 Tahun 2008 tetang keterbukaan informasi publik, jadi tidak ada yang perlu ditutup-tutupi bahkan Bendahara Desa tidak difungsi sesuai fungsinya, Bendahara hanya difungsikan untuk mencairakan uang di Bank saja, stelah itu uang disimpan dirumah Pak Kades” Tambah Sumber.

Sementara itu,  Kades Lambanau di hubungi melalui telpon gengamnya (HandPhone), dirinya membantah hal tersebut, menurutnya ia sudah transparan dalam pembangunan desa,

“Hal itu tidak benar, selama ini saya aman-aman saja dengan Bendahara dan saya sudah transparan dalam pembangunan didesa ini” Tandas Heri Efendi.

Sementara terkait Keluhan masyarakat bahwa administarasi desa yang terkesan disembunyikan oleh Kepala Desa, ini juga dibanta oleh kepala desa Heri Efendi,

“Semua Administrasi Desa terbuka bagi siapa saja yang ingin mengetahuinya baik APBDes, DRK dan LPJ serta kami sudah menyerahkan Dokumen Desa kepihak Kecamatan” Tambah Kades.

Dihubungi terpisah, pihak Kecamatan Ongka Malino melalui Kasi PMD, Misran membantah bahwa Kades Lambanau sudah menyerahkan Dokumen Desa Lambanau kepihak Kecamatan Ongka Malino.

“Seharusnya setiap desa menyerahkan Administarsi Desa ke Pihak Kecamatan, baik APBDes, DRK maupun LPJ, namun sampai saat ini kami sama sekali belum menerima baik APBDes, DRK dan LPJ dari pihak Pemerintah Desa Lambanau” Tutup Misran.

Reporter : Nasar Pakaya