Sosialisasi Permendagri Nomor 01 tahun 2017 Tentang Penataan Desa

0
162

Parimo – matarakyatindo.com Sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penataan Desa. dan ruang lingkup peraturan penataan desa dan penataan desa adat.

Penataan Desa berupa pembentukan Desa dan Desa Adat, serta penghapusan Desa dan Desa Adat, dan perubahan status Desa dan Desa Adat.

Kabid penataan dan pengembangan desa DPMD Provinsi Sulawesi Tengah. Nurasiah, menjelaskan Dalam Permendagri ini disebutkan, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten dapat melakukan penataan Desa. Penataan Desa ditetapkan dengan Perda.

Di katakannya sesuai Permendagri nomor 01 tahun 2017 tentang Penataan Desa adalah Peraturan karena tidak mengedepankan Masyarakat Desa dalam bermusyawarah.

“Masyarakat dan Desa dapat menentukan dirinya sendiri untuk dapat menjadi lebih baik. Terlebih pengaruhnya pada penetapan dan pembentukan Desa Adat, Permendagri Nomor 1 tahun 2017 tentang Penataan Desa ini akan mempengaruhi rekognisi dan hak asal usul desa yang dihormati dan menjadi roh Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Ucap dia.

Reporter : Deni Renaldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here