Sosok Gubernur Sulteng Yang Dijuluki ‘Pembela’ Warga Miskin Resmi Dilantik Presiden Joko Widodo

0
135

Matarakyatindo.com – Sujud syukur yang dilakukan oleh warga Sulteng pendukung Bung Cudi Mastura setelah resmi dilantik oleh presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (12/6/2021) sore sangat terinspirasi bagi yang melihatnya.

Hal ini dilakukan oleh masyarakat pencinta Gubernur ‘pembela’ orang miskin merupakan doa yang terkabulkan dari sang Khalik, terutama para pengagum / pemilih dari Kabupaten Parigi Moutong.

Berikut ini profil Rusdy Mastura, mantan Wali Kota Palu dua periode yang resmi dilantik sebagai Gubernur Sulawesi Tengah petikan berita Tribunnews.com.

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Rusdy Mastura sebagai Gubernur Sulawesi Tengah periode 2021-2024 di Istana Negara Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Rudy Mastura dilantik bersama dengan wakilnya, Drs Ma’mun Amir.

Prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden.

Setelah itu, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan didampingi Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, bersama dengan Rusdy Mastura-Ma’mun Amir melakukan prosesi kirab menuju Istana Negara.

Profil Rusdy Masura

Dikutip dari laman cudygubernurkita.com, Rusdy Mastura lahir di Kota Palu, 8 Februari 1950 atau saat ini berusia 71 tahun.

Pria yang akrab disapa Cudy ini merupakan mantan Wali Kota Palu dua periode.

Karier politik Rusdy Mastura dimulai saat ia menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulawesi tengah pada tahun 1997-1999.

Setelah itu, ia menjabat sebagai Ketua DPRD Palu pada 1999-2005.

Selepas menjabat ketua DPRD, Rusdy Mastura mengikuti Pilkada 2005 sebagai Calon Wali Kota Palu.

Ia pun terpilih sebagai Wali Kota Palu periode 2005-2010.

Setelah menyelesaikan periode pertama, ia maju kembali di Pilkada dan terpilih untuk periode kedua, 2010-2015.

Selain di dunia politik, Rusdy Mastura juga berkecimpung di sejumlah organisasi.

Ia tercatat menduduki sejumlah jabatan organisasi yakni Ketua Umum Tim Sepak Bola Persipal Palu, Ketua Dewan Syuro Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Sulteng, dan Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Pemuda Pancasila Sulteng.

Untuk diketahui, Rusdy Masura-Ma’mun Amir memenangi Pilkada Sulteng 2020 setelah mengalahkan pasangan Mohammad Hidayat Lamakarate-Bartholomeus Tandiagala.

Rusdy Mastura-Ma’mun Amir unggul dengan 891.334 suara atau sekitar 60 persen.

Rusdy diusung sepuluh partai yakni Nasdem, Golkar, Perindo, Hanura, Garuda, PKB, PPP, PAN, Demokrat, dan PKS.

Mari kita tunggu program 100 hari kerja gubernur Sulteng sebagaimana janji beliau saat berkampanye di wilayah kabupaten Parigi Moutong untuk mengikis kemiskinan, membangun peradaban serta menjalankan roda pemerintahan yang bebas KKN serta berantas tambang emas ilegal (tanpa ijin), kata Sukri Tjakunu pada matarakyatindo.com.

Editor : Sumardin (Pde)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here