Spam ‘Macet’, Dua Desa di Kecamatan Mepanga Keluhkan Ketersediaan Air Bersih

0
97

PARIMO | matarakyatindo.com – Sistem Penyedian air minum (SPAM) Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong yang terletak di Desa moubang Kecamatan Mepanga seharusnya dapat mengaliri air bersih hingga ke rumah warga yang telah terpasang KWH meteran air.

Namun kenyataan berbeda, ada dua desa yang sama sekali tak tersuplai air bersih yang di akibatkan macetnya SPAM. Hal itu terjadi sudah beberapa bulan belakangan ini karena air tidak lancar, ibarat tetesan kencing bahkan airnya seperti ‘kucuran’ air mata.

Begitulah keluhaan warga Mensung dan Ogomolos dimana saat ini airnya minim sekali teraliri kerumah-rumaj. Ini di sinyalir adanya kebocoran pada saluran pipa penyedia air yang mengakibatkan macetnya air.

Demikian pernyataan sejumlah warga desa Mensung dan desa Ogomolos, Senin (31/5/2021). Menurut mereka bahwa sudah beberapa bulan ini air PAM sudah macet.

“Kami sudah berupaya mencari dimana kebocoran pipa. Walhasil kami kesulitan untuk menyambungnya kembali. Pasalnya bahwa untuk menyambungnya harus dari tim tehknis yang melakukannya” ujar warga.

Macetnya jalur air PAM ini sebenarnya sudah disampaikan kepada penyuluh yang ada di Kecamatan setempat hingga ke Dinas PUPR bidang cipta karya, namun tak kunjung di perbaiki.

“Kami juga perlu air bersih untuk keperluan sehari-hari” lapor warga.

Warga berharap Dinas PUPR segera memperbaiki saluran pipa yang bocor agar warga bisa menikmati air bersih seperti awal, sebab jika terus menerus seperti ini di khawatirkan meteran dan pipa yang ada akan berkarat dan rusak di makan usia.

“Kan ini mubazir jika tidak di fungsikan” Tutupnya. (DENI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here