STT STAR’S LUB Bersama Bimas Kristen RI Banggai Gelar Seminar Moderasi Beragama

0
260

BANGGAI | matarakyatindo.com – Sekolah Tinggi Teologi (STT) STAR’S Luwuk bersama Bimas Kristen Kementerian Agama RI Kabupaten Banggai gelar seminar Moderasi Beragama di Aula Kampus STT STAR’S Luwuk .

Acara tersebut dihadiri langsung
Kasi Bimas Kristen, Jerry H. Moningka, S.PAK., M.Pd selaku narasumber, dan Oskar Sopang, M.Th sekretaris prodi Teologi Kampus STT STAR’S Lub selaku Moderator.

Seminar tersebut dalam rangka pengembangan moderasi beragama khususnya di Kabupaten Banggai.
Kasi Bimas Kristen, Jerry H. Moningka, S.PAK., M.Pd, dalam pemamparannya menambahkan bahwa dalam pandangan pemuka kristiani, khususnya di Kabupaten Banggai, moderasi beragama bagi mereka adalah menjunjung tinggi keyakinan.

“Ajaran autentik agama-agama mengundang kita untuk tetap berakar pada nilai-nilai perdamaian, untuk mempertahankan nilai-nilai saling pengertian, persaudaraan insani dan koeksistensi yang harmonis untuk mewujudkan kembali hikmat nilai, dan cinta, serta untuk membangkitkan kesadaran beragama.” ujarnya.

Ketua STT STAR’S Lub, Dr Purnama Pasande dalam sambutan singkatnya ia mengatakan bahwa dalam beragama jangan sampai ada paham kanan dan paham kiri, artinya jangan memahami teks, tapi tidak mau memahami konteks, ada juga yang melihat konteks yang terjadi, tapi tidak mengacu pada teks.

Beliau menambahkan bahwa, moderasi Beragama adalah pertengahan, lawan moderasi ada ekstrimis, artinya jadilah umat yang tidak mempertahankan kebenaran atas pemahaman dia sendiri (klaim kebenaran), tapi lebih pada pemahaman yang disepakati dan mengarah pada keadilan.

Wartawan : Ramli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here