SUKET Pengganti E-KTP Pada Pileg 2019 di Parimo Diduga di Palsukan.!! 

0
1066

Parimo, matarakyatindo.com Dugaan pemalsuan dokumen surat keterangan kependudukan (Suket), oleh salah satu oknum caleg terpilih yang berinisial W, memasuki babak baru. Pasalnya, dalam modus pemalsuan dokumen suket yang dilakukan itu menyerupai bentuk asli terbitan Disdukcapil.

Suket yang sengaja dipalsukan itu, dibuat untuk memuluskan perolehan suara dalam kontestasi pileg (17/4). Suket tersebut, diduga mencapai 200 lembar lebih suket, lengkap dengan identitas NIK, Alamat, Nama, Tempat tanggal lahir, serta Foto.

Data Suket yang di duga dipalsukan oleh oknum Anggota DPRD Terpilih (Foto : Ist)

Suket tersebut juga diduga digunakan dalam kepentingan pemilihan salah oknum caleg DPRD Kabupaten Parigi Moutong yang berinisial W.

Namun sayangnya, Penggunaan suket ini bisa di katakan cerdik tapi tak pandai.

Suket yang diduga palsupun tersisa 4 lembar dari jumlah 200 lebih sudah di musnahkan oleh oknum caleg tersebut, agar tidak di ketahui pihak penyelenggara pemilu dan masyarakat luas sengaja dimusnahkan.

Seperti kata pepatah, Sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga, apapun modusnya pasti akan terkuak kebenarannya.

Data Suket yang di duga dipalsukan oleh oknum Anggota DPRD Terpilih (Foto : Ist)

Modus pemalsuan ini di buat sedemikian rupa Agar Tampak terlihat asli, suketpun diciplak dengan cara discan agar terlihat asli seperti yang diterbitkan oleh Disdukcapil.

Berdasarkan penelusuran matarakyatindo.com, terdapat beberapa kejanggalan dalam suket tersebut. Kamipun mencoba menanyakan ke Disdukcapil keaslian suket dan mencocokkan NIK.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Parimo, Ir. lewis, beberapa waktu lalu, mengatakan pihaknya baru mengetahui bahwa ada data kependudukan yang dipalsukan (Red: Suket).

“Kami cek dulu NIKnya, jika memang itu valid, berarti benar, tapi jika tidak valid itu sudah dipastikan dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab”, ucap dia.

Data Suket yang di duga dipalsukan oleh oknum Anggota DPRD Terpilih (Foto : Ist)

Setelah dilakukan pengecekan Empat lembar suket yang tersisa dari 200 lembar, Pihak Disdukcapil pun mengatakan, “pengecekan dari empat lembar suket yang diduga dipalsukan ternyata data tidak valid, dan diragukan keasliannya. Sehingga, pihak Disdukcapil mengeluarkan rekomendasi bahwa keabsahan suket tersebut diduga kuat palsu dan tidak valid dengan data kependudukan yang asli”, terangnya.

Dia juga menambahkan, bahwa pihaknya tidak mengetahui bagaimana bisa ada suket dipalsukan.

“Tolong cari tahu dari mana suket ini di palsukan dan di keluarkan, jika memang ada oknum yang sengaja keluarkan dan palsukan, itu sudah pasti mengelabui kami Disdukcapil dan pihak penyelenggara pemilu. Tolong laporkan ke pihak yang berwenang”, pungkasnya.

Reporter : Deni Renaldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here