Syarifudin Hafid Wakil Ketua DPRD Morowali Respon Cepat Keluhan Warga Lanona Trans Soal Air Bersih

0
634
Wakil Ketua I DPRD Morowali H.Syarifudin Hafid SH (Foto : Tar)

Morowali || matarakyatindo.com Keluhan warga Desa Lanona Trans Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali soal air bersih mendapat respon cepat dari Wakil Ketua I DPRD Morowali H.Syarifudin Hafid, SH.

Tak banyak basa-basi, adik kandung mantan Bupati Morowali, Anwar Hafid dua periode itu langsung bertindak repleks begitu mengetahui keluhan yang dirasakan warga Lanona Trans, dengan melakukan komunikasi terhadap OPD terkait.

Via Handphone miliknya, ketua DPC Demokrat Morowali itu berkomunikasi langsung dengan Kepala Dinas (Kadis) Permukiman Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kab.Morowali Rustam Sabalio ST selaku instansi teknis yang mengurusi keluhan warga tersebut.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Kadis PUPR sampaikan hal ini, mudah-mudahan terealisasi karena penjelasan yang saya terima akan segera di tangani,” terangnya kepada wartawan media ini saat berbincang diruang kerjanya (30/10).

Kadis PUPR Morowali Rustam Sabalio ST (Foto : Tar)

Tak hanya sebatas itu, selaku wakil rakyat ia juga bertekad akan mengawal janji Kadis PUPR yang sudah diterimanya, untuk segera menangani masalah air bersih warga Lanona Trans.

Bahkan, dirinya menyarankan agar warga Lanona Trans membuat proposal pengusulan pekerjaan air bersih yang dinilai warga paten menjawab keluhan yang dirasakan.

“Kalau bisa saudara-saudara saya yang tinggal disana (Lanona Trans) mengajukan proposal permohonan pekerjaan air bersih, yang mana perencanaan pekerjaan tersebut memang betul-betul dinilai paten menjawab keluhan ini, jika sudah diajukan maka kami akan kawal proses anggarannya untuk di akomodir dalam APBD 2020,” jelasnya.

Kadis PUPR Morowali Rustam Sabalio,ST dikonfirmasi via WhatShap (WA), membenarkan adanya komunikasi dengan wakil ketua I DPRD Morowali yang meminta dirinya untuk segera menangani keluhan air bersih yang dirasakan warga Lanona Trans.

“Insya Allah kita anggarkan air bersih trans lanona,” tulisnya.

Senada penjelasan Kepala Seksi (Kasi) Air Bersih Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kab
Morowali Hirman Abd.Hafid bahwa keluhan warga Lanona Trans sudah ditangani oleh pihaknya.

“Benar pak, dua hari lalu kami bersama kepala dusun setempat sudah turun tinjau titik air bersih disana tetapi sangat tidak mendukung karena debet air yang dihasilkan minim apalagi saat musim kemarau seperti saat ini, jadi alternatif lain yang kami rencanakan yakni membangun sumur di lokasi 6 titik wilayah Lanona Trans,” terang Hirman saat di konfirmasi media ini di kantornya.

Dijelaskan, 6 titik lokasi pembangunan sumur yang direncanakan akan dibangun 3 sumur dalam setiap 1 titik lengkap dengan tandonnya kapasitas 2000 liter/2 kubik, maka jumlah keseluruhan sumur yang perencanaannya bakal dibangun sebanyak 18 sumur.

Sehingga saat ini pihaknya sedang menyusun anggaran program tersebut dengan harapan bisa terakomodir dalam APBN 2020, yang bakal diajukan lewat pertemuan singkronisasi di Makasar pada tanggal (4/11/2019).

“InsyaAllah pak bisa lolos pada APBN 2020, jika program ini nantinya berhasil mudah-mudahan keluhan air bersih di Lanona Trans dapat teratasi,”katanya optimis.

Untuk diketahui bahwa persoalan air bersih yang dikeluhkan warga Lanona Trans itu terjadi setiap musim kemarau berkepanjangan seperti saat ini, karena sumber air bersih yang selama ini di handalkan dari mata air pegunungan mengalami kekeringan.

Jadi, sangat tak efesien lagi bila berharap kembali sumber air bersih dari mata air pegunungan, karena kondisi seperti ini di alami warga kurang lebih sudah 10 tahun, terjadi pada setiap musim kemarau berkepanjangan.

Reporter : TAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here