Tanggul Jebol : Warga Ogomolos Butuh Normalisasi Sungai 

0
220
Luapan Banjir menggenangi Pumikiman Warga Dusun I Desa Ogomolos Kec. Mepanga

PARIMOmatarakyatindo.com Puluhan Rumah Warga Desa Ogomolos Kec Mepanga Kab. Parigi Moutong (PARIMO) Sulawesi Tengah, Di Terjang Banjir akibat jebolnya tanggul sungai Mepanga yang berbatasan antar dua Desa yaitu Desa Malalan Dan desa Ogomolos.

Banjir tersebut merendam puluhan rumah warga setempat, banjir setinggi paha orang dewasa itu juga menutupi badan jalan trans Sulawesi. Hingga menyebabkan antrian kendaraan roda 4 dan roda 2 yang hendak melintas.

“Tingginya curah hujan membuat tanggul sungai mepanga jebol dan air begitu cepat ke pemukiman warga setempat. di ketahui bahwa sungai mepanga tersebut sudah terjadi pendangkalan sehingga bila intensitas hujan tinggi akan terjadi luapan banjir.

Berdasarkan penuturan warga setempat banjir ini sudah kesian kalinya terjadi, namum tidak menelan korban atau kerusakan rumah warga, akan tetapi banjir juga sangat mengkhawatirkan kami yang berada di Dusun I Ogomolos. Sebab ini yang ke sekian kalinya terjadi. pak. Ujar warga setempat Sabtu 1/10/2022.

“Kata warga yang di konfirmasi media ini via telephone genggamnya. Ia mengatakan hujan sejak pukul 13:00 wita. Hingga pukul 16:30 wita. Dan arus banjir baru terjadi sekitar pukul 17:00 wita. Arus banjir yang begiti deras cepat menggenangi rumah warga dan menutupi sebagian badan jalan. “Urainya.

Di tambahkannya. Setiap terjadi hujan deras. disini selalu jadi sasaran air banjir, “Pak. Sebab tanggul yang sebelah timur sudah jebol dan air banjirnya mengalir ke arah Dusun I. Tambah dia.

Meskipun banjir yang setinggi paha orang dewasa ini tidak menalan korban ada mengakibatkan kerusakan rumah warga. Akan tetapi berdampak kepada aktivitas warga setempat.

Pasalnya apa bila di biarkan tanpa ada pengerukan atau normalosasi sungai ini akan menambah parah bila terjadi hujan deras. Keluhnya.

“Ia. Berharap pemerintah daerah harus sigap menanggulangi banjir yang ada di desa kami, sebab sudah kesekian kalinya terjadi seperti ini. Sambungnya. Pak, kami butuh perbaikan tanggul sungai untuk mengantisipasi bila terjadi banjir nanti. Harapnya.

Sementara itu kades Ogomolos Moh Nuryanto. Saat di mintai keterangannya. Membenarkan terjadinya banjir tersebut. Dan kami akan berkoodinasi bersama pemerintah kecamatan dan BPBD Kab. Parigi Moutong. Untuk tanggap darurat. Ucapnya.

Serta mendata jumlah rumah warga yang terendam akibat terendam banjir. Di akuinya bahwa penyempitan dan dangkalnya kanal sungai mepanga membuat tanggul jebol.

Beberapa tahun lalu juga sperti ini. Ini merupakan tugas dan tanggung jawab kami di desa untuk menyampaikan kepada Pemda Parimo. Untuk mencarikan solusi dampak dari jebolnya tanggul ini. Pungkasnya.

 

DENI

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here